BATIK: BERANI AKSI TOLAK TINDAK KORUPSI

BATIK, Berani Aksi Tolak Tindak Korupsi

KORUPSI adalah sebuah tindakan yang melanggar hukum dan moralitas bangsa. Korupsi besar yang terjadi tentu bermula dari kebiasaan hidup yang tidak jujur sejak dini. Karena itulah buku BATIK (Berani Aksi Tolak TIndak Korupsi) ini hadir.

Batik tidak hanya semata-mata sebagai sebuah judul. Batik digunakan oleh penulis untuk membantu pembaca memahami buku ini. Di awal buku, penulis menyertakan sebuah metode belajar yang menggunakan nama istilah atau benda dalam proses pembuatan batik. Metode belajar ini membentuk sebuah peta konsep, sehingga pembaca dapat memulai membaca buku dari bagian mana saja yang disukai.

Peta konsep buku ini adalah sebagai berikut:
1. LILIN, lihat-lihat daftar isinya (halaman x)
2. BAHAN, baca sejarah tambahan wawasan (halaman 1)
3. KUAS, kuasai 9 karakter cegah korupsi (halaman 16)
4. CANTING, baca pasal dan penting (halaman 56)
5. KOMPOR, komunikasikan dan lapor (halaman 88)
6. WAJAN, wajah masa depan Indonesia (halaman 91)

Sembilan nilai karakter antikorupsi yang dibahas dalam buku ini disajikan melalui berbagai cerita nilai antikorupsi di sekolah, kisah sejarah bangsa yang kalah perang karena korupsi, kisah teladan tokoh yang takut korupsi, dan kisah beberapa negara yang berani beraksi melawan korupsi serta petuah-petuah bijak yang berkarakter dari tanah Jawa. Salah satu petuahnya, “Aja ngegungake dadi wong sugih bandha mundhak kuciwa ing tembe mburine, sebab kahanan kang anak iki bisa rusak” (Jangan membanggakan diri menjadi orang kaya, supaya tidak kecewa di belakang hari sebab kenyataan hidup yang ada bisa rusak.)

Satu lagi keunikan buku ini yang membuat semakin mudahnya pembaca memahami sesuatu yang sulit menjadi mudah. Pasal perundang-undangan tentang korupsi yang dikutip dalam buku ini disajikan dengan konsep mindmap. Dalam sekali buka lembar mindmap pembaca bisa tahu pasal-pasal tentang tindak pidana korupsi dengan cepat.

Ingin memahami 9 nilai antikorupsi dengan mudah, sekaligus memahami pasal-pasal apa saja yang bisa menjerat para koruptor, bacalah buku ini! (PA) #edisitujuh 12 Juni 2017

Judul : BATIK, Berani Aksi Tolak Tindak Korupsi
Penulis : Irma Nurmala, S.Pd
Penerbit : Gramata Publishing
Ukuran : 14,8 x 21 cm
Tebal : 104 Halaman
Harga : Rp 38.000,-

Komentar

Silakan berkomentar