HADIAH UNTUK SI KOMI

Ciiit … Druduk … Druduk. Mobil Pak Anoa yang terbuat dari batang pisang abaka berhenti mendadak, agar tidak tertabrak oleh mobil sedan kayu ukir yang melaju zig-zag. Lampu merah di persimpangan pun dilanggar. Pengendara mobil sedan baru yang sungguh indah itu tak tampak dari luar. Pak Kuse Kus Kus Beruang, penjaga pos keamanan dibuat kewalahan. Tiupan terompetnya tak dihiraukan.

”Toeeet … tet tet. Toeeet … tet tet. Blep blep blep.” Siapakah dia? Pak Kuse penasaran karena selama ini warga Hutan Bahagia selalu tertib berkendara. Penasaran juga dengan lanjutan kisahnya?

Penggalan kisah di atas adalah bagian dari cerita yang berjudul Awaaasss, Bahaya! Satu dari sembilan cerita yang terdapat dalam buku ”Hadiah untuk Si Komi”. Buku ini merupakan buku kumpulan cerita dengan para tokohnya adalah binatang-binatang endemik (asli) Indonesia. Ada komodo yang bernama Komi, ada kanguru pohon,badak, katak merah, bekantan, owa-owa, dan lain-lain. Dilengkapi dengan fakta unik dan gambar tentang binatang-binatang tersebut yang tentunya bisa menambah pengetahuan pembaca tentang betapa kayanya alam negeri kita tercinta ini. Sayangnya kekayaan alam yang berupa hewan maupun tanaman endemik tersebut banyak di antaranya yang semakin berkurang jumlahnya. Akibat perburuan liar ataupun perusakan habitat, misalnya penebangan hutan secara besar-besaran.

Selain mengangkat tema binatang dan tanaman endemik Indonesia, buku ini juga mengajak anak-anak untuk belajar mengenai nilai-nilai antikorupsi. Seperti misalnya dalam cerita Festival Pedada, dikisahkan tentang Beko dan Beka bekantan yang rajin serta disiplin berlatih karena ingin memenangkan lomba dalam Festival Pedada. Ada juga cerita tentang Kuci, kus kus beruang yang pemberani menghalangi musang Hutan Gersang yang hendak menculik temannya.

Ada sembilan cerita yang mewakili sembilan nilai-nilai integritas antikorupsi. Jujur, peduli, mandiri, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, sederhana, berani dan adil. Namun karena ternyata kesembilan nilai integritas tersebut saling berkaitan maka dalam setiap cerita tidak selalu hanya mengandung satu pelajaran tentang nilai integritas. Seperti dalam cerita Robot Ultra Rhen. Selain memuat pelajaran tentang kejujuran juga terselip hikmah mengenai kesederhanaan.

Masing-masing cerita dalam buku ini cukup panjang dengan sedikit iluatrasi membuat buku ini cocok untuk anak usia 8 tahun ke atas. (AW)/#edisiempat, 22 Mei 2017.

Data Buku
Judul : Hadiah untuk Si Komi
Penulis : Fina Faza
Ilustrator : Innerchild Studio
Penerbit : Tiga Ananda
Harga : Rp. 42.000,00

Komentar

Silakan berkomentar