Bahasa Inggris Gaul, Sejarah dan Ragam Contohnya

Bahasa Inggris Gaul, Sejarah dan Ragam Contohnya

Kamu mahir bahasa Inggris cas cis cus? Pasti sudah tahu bahasa slang dong? Atau tahu dikit-dikit? Atau bahkan ngga tau sama sekali? Yuk, Kita bahas bareng-bareng.

Slang, atau bahasa gaul, merupakan corak bahasa tersendiri dalam bahasa Inggris UK, kalau kamu perhatikan  kedengarannya malah tidak seperti bahasa Inggris!

Tak heran jika kita malah kebingungan saat mendengarnya. Akan tetapi, beberapa slang corak Inggris UK yang akan kita saksikan berikut sejatinya sangat ‘berwarna’ dan ekspresif.

Apabila kita terus berlatih, kita pasti akan semakin mahir menggunakannya dalam percakapan – saat bercanda, misalnya, atau ketika membicarakan film yang baru ditonton.  

Asal Mula Bahasa Slang

Image Source: bp.blogspot.com

Jika mengintip sejarah, bahasa Inggris pertama kali digunakan medio awal abad pertengahan. Kemunculan bahasa Inggris bermula di kerajaan Anglo Saxon yang masuk wilayah Skotlandia bagian tenggara.

Kemudian Bahasa Inggris mulai menyebar ke seluruh dunia dan kian menghegemoni setelah Amerika memegang kendali ekonomi dan teknologi dunia.

Dalam bahasa Inggris sendiri, kita tentu mengetahui istilah old english. Istilah ini diperkirakan muncul sekira abad ke 5. Dan sekarang kamu pasti lebih familiar  dengan istilah Modern English.

Bahasa Inggris modern tersebut bisa dibilang memiliki tingkat kerumitan yang agak rumit. Biasanya apa yang tertulis tidak sesuai dengan yang diucapkan

Kalau zaman sekarang ini lebih akrab dengan istilah bahasa slang, bahasa slang yaitu bahasa yang digunakan oleh anak muda atau bisa juga disebut bahasa gaul.

Sebagai pembelajar bahasa Inggris yang senantiasa haus akan pengetahuan, kita perlu juga memahami bagaimana bahasa slang tersebut, mengingat bahasa slang sendiri punya beberapa perbedaan corak.  Mari kita simak bahasa di bawah ini.

All Right?

Image Source: englishfuncast.com

Mungkin akan terasa aneh jika Anda baru bertemu seseorang dan mereka menanyakan ‘You all right?’ Ini digunakan secara umum di London dan bagian selatan. Ini berarti ‘Halo, apa kabar?’ respon untuk pertanyaan ini biasanya ‘All right’. Terkadang dapat juga mengucapkan ‘All right mate?’

Barangkali kamu pernah berjumpa dengan persona yang tetiba menanyakan “You all right?.” Yap, pengucapan semacam ini biasanya dapat dijumpai di kawasan London bagian selatan. Maknanya “Halo apa kabar?” respon untuk pertanyaan ini cukup menjawab “All right”, atau “All right mate”

Taking the Mickey

Image Source: 123rf.com

Ucapan semacam ini barangkali pernah kamu dengar kala menyaksikan film atau televisi Inggris. Bentuk lengkapnya adalah to take the Mickey out of someone, maknanya mengejel seseorang, dan masuk kategori kalimat tanya.

I don’t think so. Are you taking the Mickey out of me?

(Aku tidak berpikir demikian. Kamu sedang mengejek saya, ya?)

Cheers

Image Source: englishcafe.co.id

 

Di negeri Jiran, Malaysia, kata ini umum dipakai ketika sedang minum. Namun, terkadang juga bisa memiliki arti lain, seperti selamat tinggal dan terima kasih. disamping “warm regards” maupun “best regards”, kata “cheers” bisa kamu gunakan di akhir email maupun surat sebagai penutup.

Chuffed

Image Source: ytimg.com

Chuffed merupakan kata sifat yang berfungsi mengungkapkan rasa senang terhadap suatu perkara.

I am well chuffed about scoring a 6 in IELTS. / My boss is dead chuffed that I signed a big client.

(Saya sangat senang bisa meraih skor 6 di tes IELTS. / pimpinan saya amat puas karena saya sukses mendapatkan klien besar)

Bloke

Image Source: picturebritain.com

Istilah satu ini bukan hanya umum digunakan di Inggris, tetapi juga Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Dalam bahasa Inggris Amerika, slang ini setara dengan “guy” atau “dude”, yaitu kata lain bagi “man”.

My classmate, Jim, is a really nice bloke. / Did you see a bloke wearing a yellow jacket?

(Cowok teman sekelas saya, Jim, orangnya baik sekali. / Apakah kamu lihat cowok berjaket kuning?)

Knackered

Image Source: fluentu.com

Inilah kata sifat yang pas digunakan untuk menggambarkan keadaan amat lelah setelah bekerja atau bersekolah sampai rasanya tak mampu melakukan apapun juga selain beristirahat.

Kata ini diucapkan nackered (dengan huruf “k” disenyapkan, seperti dalam “knee”). Slang populer ini artinya kita sangat letih.Kata Knackered lebih pas digunakan untuk menggambarkan situasi yang amat lelah pasca bekerja ataupun sekolah hingga serasa tidak bisa berbuat apa-apa selain istirahat.

Pengucapannya cukup “nackerer” (huruf “k” disenyapkan seperti pengucapan “knee”). Makna dari slang ini yaitu capek banget.

I’ve been working overtime every day this week, so I’m absolutely knackered.

(Seminggu ini aku lembur terus menerus, jadi sekarang aku capek banget)

Nah, demikianlah bahasan seputar bahasa slang buat kamu para pengagum bahasa Inggris. Slang di atas lumayan buat bekal ngomong gaul dengan orang Inggris. Yuk, diuji coba!

Leave a Comment