5+ Tahapan Mengenal Procedure Text Dengan Lebih Mudah (Fokus Perhatiin Ya)

5+ Tahapan Mengenal Procedure Text Dengan Lebih Mudah (Fokus Perhatiin Ya)

Apakah kamu sedang belajar bahasa Inggris? Jika kamu sedang belajar bahasa Inggris, maka kamu pasti akan mengenali salah satu teks dalam bahasa Inggris, yaitu procedure text. Procedure text adalah salah satu teks berbahasa Inggris yang mudah untuk kamu pahami.

Kamu bisa membuat procedure text ini untuk melatih kemampuan menulis bahasa Inggris kamu. Procedure text adalah teks yang memiliki tujuan untuk memberi informasi bagaimana membuat atau melakukan suatu hal. kamu bisa belajar procedure text dengan mencari contoh procedure text di internet.

Contoh Procedure Text Singkat

contoh procedure text

Kamu juga bisa menemukan teks yang satu ini di buku-buku resep berbahasa Inggris. Jika kamu ingin membuat teks yang satu ini, kamu harus tahu struktur utama dari procedure text.

Teks yang satu ini memiliki empat struktur utama. Berikut empat struktur utama dari procedure text.

  1. Goals

Goals berisi tujuan dari kegiatan yang akan kamu tulis.

  1. Materials

Materials berisi bahan-bahan atau alat-alat apa saja yang akan digunakan untuk membuat atau melakukan suatu hal. Namun, kamu perlu tahu bahwa materials ini bersifat tidak wajib.

  1. Steps

Steps adalah bagian teks yang berisi tentang langkah-langkah membuat atau melakukan suatu hal. Berbeda dengan materials, steps bersifat wajib sehingga wajib kamu tulis saat kamu membuat sebuah procedure text.

  1. Result

Result adalah hasil akhir dari apa yang sudah dilakukan. Result sering disebut juga sebagai conclusion atau kesimpulan.

Salah Satu Contoh Procedure Text Singkat dan Mudah Kamu Pahami

Jika kamu masih bingung mengenai procedure text, maka kamu bisa membaca contoh yang satu ini. Contoh procedure text singkat ini adalah procedure text dalam menggunakan setrika. Kamu juga bisa mencari contoh dari procedure yang lain, misalnya contoh procedure text makanan, minuman atau lain sebagainya di beberapa media, seperti media online atau media cetak. Nah, berikut ini contoh dari procedure text dalam menggunakan setrika.

Materials:

  1. Iron
  2. Spray
  3. Ironing board or towel

Steps:

  1. Plug the iron into a socket. After that, you can set the heat level.
  2. Lay out your ironing board or your towel on a flat surface.
  3. Put your clothes on the ironing board or towel.
  4. Spray it and you can iron your clothes, and
  5. you can hang the clothes.

Itu adalah contoh dari procedure text cara penggunaan setrika tanpa menggunakan gambar. Jika kamu bingung, maka kamu bisa mencari contoh procedure text beserta gambarnya dan artinya di internet agar mempermudah kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Contoh Procedure Text Beserta Gambar

Image Source: files.wordpress.com

Contoh procedure text how to use iron tersebut memerlukan alat, seperti setrika, semprotan pewangi, dan papan setrika atau handuk. Langkah-langkahnya bisa kamu mulai dengan menyambungkan setrika ke stopkontak. Kemudian kamu bisa mempersiapkan alas setrika atau handuk.

Selanjutnya, kamu bisa meletakkan pakaian kamu di atas papan setrika atau handuk tersebut. Kemudian, semprotkan pewanginya dan mulailah untuk menyetrika. Terakhir, kamu bisa menggantungkan pakaian kamu sebelum kamu kenakan. Nah itulah contoh singkat dan mudah dari procedure text.

Terus Belajar

Image Source: ssl-images-amazon.com

 

Kamu bisa mencari contoh lain sehingga kamu bisa lebih terbiasa untuk membuat teks prosedur dalam bahasa Inggris. Anda juga bisa melatih kemampuan menulis bahasa Inggris anda dengan menulis procedure text secara rutin.

Hal ini akan membuat kamu menjadi paham dan lancar dalam menulis teks berbahasa Inggris sesuai dengan tata bahasanya. Kemampuan berbahasa Inggris kamu juga akan meningkat dengan menulis procedure text secara rutin.

Leave a Comment