Headlines

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Minta Disdik Segera Siapkan Masterplan Pendidikan

” banyak laporan masyarakat ke DPRD Pekanbaru yang mengeluhkan persoalan tidak meratanya kebutuhan sekolah negeri ditambah dengan kebijakan zonasi “

Published

on

Photo: Shutterstock

Membumi.com

Pekanbaru – Dalam keterangan Persnya Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi menyampaikan bahwa kedepan, tata kelola Pendidikan di Kota Pekanbaru harus lebih baik, walaupun persoalan PPBD saat ini masih bisa teratasi namun kedepan dapat menimbulkan masalah besar jika tidak di tata dan dikelola dengan baik.

Tengku Azwendi mengatakan bahwa, ” banyak laporan masyarakat ke DPRD Pekanbaru yang mengeluhkan persoalan tidak meratanya kebutuhan sekolah negeri ditambah dengan kebijakan zonasi. Oleh karena itu sebagai Kota dengan laju penambahan penduduk yang cukup pesat, plus berbagai persoalan sosial yang mengikutinya, kedepan akan menimbulkan masalah jika kebutuhan sekolah negeri tidak mencukupi dan sekolah swasta tidak ditata dengan baik. “

Baca : Raker Komisi III DPRD Pekanbaru ; Sekitar 7 Ribu Lulusan SD Bakal Tak Tertampung di Sekolah Negeri

” Oleh sebab itu saya minta agar Pemko Pekanbaru melalui OPD teknisnya yaitu Dinas Pendidikan untuk segara mempersiapkan Masterplan Pendidikan Kota Pekanbaru. Sebab dengan adanya tata kelola pendidikan yang baik, maka persoalan yang terjadi hari ini kedepan akan dapat teratasi dengan baik dan malah akan menjadi prestasi, ” ungkap Tengku Azwendi.

Dalam konfirmasinya Kadisdik Pekanbaru mengatakan bahwa, daya tampung Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP sudah mencukupi berkat adanya sekolah Swasta. Namun diakuinya di daerah Rumbai ada dua 2 titik tidak adanya sekolah setingkat SMP karena memang berada diluar wilayah zonasi, ” jadi persoalan daya tampung untuk SMP sudah cukup ya, malah berlebih, ” ungkap Dr. Ismardi Ilyas.

” banyak laporan masyarakat ke DPRD Pekanbaru yang mengeluhkan persoalan tidak meratanya kebutuhan sekolah negeri ditambah dengan kebijakan zonasi “

Baca : Disdik Sebut PPDB SMP Negeri Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Disinggung soal biaya sekolah swasta yang relatif mahal, Kadisdik Pekanbaru juga mengungkapkan bahwa ” banyak dari pihak orang tua anak yang tergolong mampu justru mendaftarkan anaknya disekolah negeri, sehingga anak dengan orang tua yang ekonominya menengah kebawah malah dihadapkan dengan masalah pembiayaan disekolah swasta, ” ungkapnya Dr. Ismardi Ilyas.

Ditanya soal tata kelola pendidikan di Kota Pekanbaru, apakah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru sudah mempunyai Masterplan Pendidikan, Kadisdik mengatakan belum punya, ” namun saat ini kami sedang menyusun Rencana Induk, ” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Lebih lanjut Dr. Ismardi Ilyas mengatakan bahwa Kota Pekanbaru memang membutuhkan Masterplan Pendidikan Kota Pekanbaru, sebab akibat laju pertumbuhan serta migrasi penduduk dari provinsi lain kedepan dapat berakibat fatal jika tidak kita antisipasi, ” contoh di daerah panam yang mana saat ini jumlah penduduknya sudah mencapai 200.000 jiwa, ” tutup Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Exit mobile version