Pengertian Comparative Degree dan Comparative Advantage

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan memahami bahasa Inggris maka kita bisa berkomunikasi baik dengan orang-orang asing dari luar Negeri.

Salah satu hal penting yang harus anda pahami dalam bahasa Inggris adalah comparative Degree. Pengertian comparative Degree adalah suatu nama yang digunakan untuk grammer berfungsi membandingkan dua orang, binatang, benda dan hal lainnya.

Contoh Comparative Degree

Image Source: ytimg.com

Untuk Degree of comparison pertama positive dan untuk degree of comparison yang ketiga adalah superlative. Untuk membandingkan dua orang, benda dan binatang bisa menggunakan correlative conjunction seperti as atau than.

Untuk penggunaan as dalam perbandingan tidak ada perubahan bentuk dalam adjective dan adverb. Namun untuk than, adjective atau adverb yang digunakan sudah mengalami perubahan bentuk.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan as…as dan than yang bisa anda ketahui :

  • Contoh bentuk dasar brilliant (adjective) contoh kalimat yang tepat adalah “he is as brilliant as his sister” yang artinya Dia sepintar saudaranya
  • Contoh bentuk dasar patient (adjective) contoh kalimat yang benar adalah “my brother is more patient than 1 am” artinya adalah saudara saya lebih sabar dari saya
  • Contoh bentuk dasar hard ( adverb) contoh kalimat “I find running harder than swimming” artinya saya pikir berlari lebih sulit dari berenang.
  • Bentuk dasar Much (adverb) contoh kalimat “He doesn’t talk much as he used to” artinya Dia tidak berbicara sebanyak dulu.

Penting untuk diketahui bahwa adjective dan adverb akan mengalami perubahan bentuk saat digunakan sebagai perbandingan pada regular form, perubahan pada bentuk adjective dan adverb mengikuti pola tertentu.

Namun pada irregular form perubahan bentuk kata tidak mengikuti pola tertentu. Berikut ini adalah aturan dan contoh kalimat Comparative Degree :

  • Satu suku kata

Untuk Adjective dan adverb jika terdiri dari satu suku kata ditambahkan suffix- er. Contoh comparative adjective adalah big-bigger, fat-fatter, hard-harder, dan hot-hotter.  Contoh adalah I am easier to forget a problem than she is (Saya lebih mudah melupakan suatu masalah daripada dia).

  • Dua suku kata atau lebih

Biasanya untuk adjective dan adverb yang lebih dari satu suku kata maka akan ditambahkan dengan kata more. Contohnya comparative adjective adalah beautiful-more beautiful, delicious-more delicious, dan masih banyak lagi lainnya. Contohnya adalah He’s more interested in gardening than I am, artinya dia lebih tertarik berkebun daripada saya.

  • Untuk two syllables dengan ending y akan direduksi dan ditambahkan suffix-ier

Contoh comparative Degree di antaranya cloudy-cloudier, easy-easier, happy-happier, lucky-luckier dan masih banyak lagi lainnya. Contoh kalimat Today is cloudier than yesterday, artinya hari ini lebih mendung dari kemaren.

  • beberapa adjective juga bisa dibentuk dengan cara menambahkan suffix-er, contoh comparative degree simple-simpler, contoh kalimatnya Your design is simpler than his design, artinya desainmu lebih sederhana dari desainnya.

Pengertian Comparative Advantage

Comparative advantage dengan comparative degree adalah hal yang berbeda. Comparative advantage adalah teori yang di ciptakan oleh David Ricardo. Beliau berpendapat bahwa perdagangan internasional akan terjadi jika ada perbedaan keunggulan komparatiff antarnegara.

Keunggulan komparatif akan terwujud jika suatu Negara bisa memproduksi jasa dan barang yang lebih banyak dengan biaya yang lebih murah dibanding dengan Negara lain. Dengan teori ini maka suatu bangsa bisa meningkatkan standar hidup dan juga pendapatan dengan melalui spesialisasi produksi barang dan jasa yang produktif dan memiliki efisiensi tinggi.

Leave a Comment