3+ Perbedaan Can dan Could (Jangan Sampai Ngga Tau)

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang harus dipelajari oleh kita. Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang sangat penting agar kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang dari luar Negara. Pentingnya bahasa Inggris bisa kita lihat dari adanya mata pelajaran bahasa Inggris yang sudah ada sejak kita sekolah dasar hingga jenjang sarjana.

Namun mempelajari bahasa Inggris sangat susah untuk dilakukan, apalagi jika memang kita tidak menyukai pelajaran satu ini. Salah satu penyebab sulitnya belajar bahasa Inggris adalah karena ada satu arti yang memiliki banyak suku kata dalam bahasa Inggris, contohnya adalah can dan could.

Perbedaan Can Could

perbedaan can could
Image Source: kuliahbahasainggris.com

Banyak orang yang bingung tidak mengetahui perbedaan can could. Can and could sendiri merupakan salah satu bentuk model verbs yang akan sering kita jumpai.

Model verbs sendiri adalah salah satu jenis auxiliary verb atau kata kerja bantu yang biasanya digunakan untuk menunjukkan kemampuan atau ability, permission, obligation atau izin  dan kemungkinan atau possibility.

Berikut ini adalah penggunaan dari model verb can dan could yang menunjukkan request atau permintaan, offering atau penawaran, ability atau kemampuan, possibility atau kemungkinan dan masih banyak lagi lainnya :

Possibility atau Kemungkinan

perbedaan can could
Image Source: ef.com

kita bisa menggunakan can untuk pernyataan umum tentang apa yang mungkin saja terjadi, contohnya adalah “it can be very cold in the mountain” artinya bisa jadi sangat dingin di gunung. Dari kalimat tersebut maka kemungkinan besar bahwa di gunung udaranya akan dingin.

Selanjutnya untuk could yang digunakan untuk pernyataan umum tentang apa yang mungkin terjadi pada bentuk past tense atau lampau. contohnya adalah “ it could be very cold in the mountain” artinya bisa jadi sangat dingin di gunung, dijelaskan bahwa biasanya kemaren atau waktu yang lalu udara di gunung dingin, tapi tidak tahu kira-kira sekarang dingin atau tidak.

Could juga bisa digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang, contoh kalimatnya adalah “if you don’t hurry you could be late” yang artinya mungkin kamu akan terlambat jika kamu tidak bergegas.

Permintaan dan Penolakan Permintaan

perbedaan can could
Image Source: robdonnellytherapy.com

contoh kalimatnya adalah “can I go home now?” artinya bolehkah saya pulang sekarang?. Dari contoh tersebut maka kita bisa menggunakan kata can untuk meminta sesuatu dari orang lain. yang membedakan can dan could adalah jenjang kesopanan. Jika kita menggunakan kata could maka maka akan lebih sopan dibanding menggunakan kata can.

Untuk Menawarkan Bantuan

contoh kalimat “can I help you?” artinya bolehkah aku membantumu?. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa antara can dan could memiliki arti yang sama, namun could memiliki arti yang lebih sopan. contoh kalimat menawarkan bantuan menggunakan could “ could I give you a lift” artinya bolehkan saya memberimu tumpangan”?.

Permission atau Izin

Kita bisa menggunakan could untuk izin, selain itu could juga lebih sopan dibanding dengan can.

Regret atau Penyesalan

Untuk mengungkapkan penyesalan kita bisa menggunakan pola “sould have + past pasrticiple.

Can dan could ada sebelum kata kerja bentuk pertama atau verb 1. Kita bisa membuat pertanyaan dengan cara meletakkan subjek setelah can dan could. Untuk bentuk negative kita tinggal menyebutkan can’t dan couldn’t dalam bentuk tulisan, dan menyebutkan cannot dan could not dalam bentuk pengucapan.

Leave a Comment