Connect with us

Figur

Soal Opini ” Jalur Langit ” Pj. Walikota, Ini Kata DR. Aidil Haris Meluruskan

Published

on

Membumi.com

Pekanbaru – Polemik munculnya nama Muflihun sebagai kandidat Pj. Walikota Pekanbaru yang kabar nya telah diteken SK nya oleh Mendagri beberapa waktu yang lalu, saat ini menjadi trending topik tengah-tengah masyarakat Pekanbaru, hal itu disebabkan karena nama Muflihun bukan termasuk nama yang direkomendasikan oleh Gubri Syamsuar ke Kemendagri.

Dalam konfirmasinya (15/5/22) Muflihun mengatakan, bahwa polemik yang belakangan menjadi perbincangan hangat ditengah-tengah masyarakat saat ini disebabkan pemberitaan yang dinilainya agak sedikit berlebihan. Ia mengatakan bahwa, ” Dari awal bicara soal Pj. Walikota, media juga yang memblow up, sehingga disaat Gubri dan pihak Kemendagri mempunyai pertimbangan lain, ceritanya jadi bertambah hangat, ” ungkap Sekwan DPRD Riau memaklumi.

Baca : ‘Jalur Langit’ Penjabat Wali Kota Pekanbaru dan Hari-hari Kritis Bagi Gubernur Syamsuar

Dalam sambungan seluler singkat Sekwan DPRD Riau tersebut juga mengatakan bahwa, ” Ndak baiklah kalau opininya itu memperkeruh suasana. Sebagai Aparatur Sipil Negara terkait pertimbangan serta keputusan Pimpinan, itulah yang terbaik dan saya siap melaksanakannya, ” ungkap U’un (nama kecilnya) yang sudah bukan orang lain lagi di Kota Pekanbaru ini.

Ditempat terpisah DR. Aidil Haris selaku pengamat komunikasi politik mengatakan, bahwa dibeberapa pemberitaan terkait polemik Pj. Walikota Pekanbaru justru lebih mengarah kepada komunikasi politik yang kurang elok, karena tidak didasari dengan pemahaman yang utuh. Dalam keterangan Persnya Doktor dibidang Ilmu Komunikasi tersebut mengatakan bahwa ketentuan mengenai Pj. Kepala Daerah telah diatur dalam Permendagri Nomor 1 tahun 2018.

Baca : KIT Ditetapkan Sebagai Proyek Strategis Nasional

” Memang benar pada pasal 5 ayat (2) disebutkan bahwa Pjs. Bupati / Walikota sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat (3) ditunjuk oleh Menteri atas usul Gubernur, namun pada ayat (3) nya dinyatakan bahwa dalam melaksanakan kepentingan strategis nasional, Pjs. Bupati / Wali Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat ditunjuk oleh Menteri tanpa usul Gubernur, ” ungkap Dosen Ilmu Komunikasi tersebut meluruskan.

Diakhir keterangannya DR. Aidil Haris mengatakan, jika memang itu keputusannya wajar Pemerintah Pusat mempunyai pertimbangan lain karena Kota Pekanbaru sebagai Kota yang berkembang pesat dan terletak dikawasan startegis Nasional maupun Internasional, tentunya erat kaitannya dengan Kepentingan Strategis Nasional. ” Ungkap DR. Aidil menutup keterangan persnya (*thd)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Figur

Kunjungi LAMR, IKBR Bahas Soal Kerukunan Antar Suku

IKBR secara tegas menyatakan, bahwa itu adalah perbuatan oknum yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan IKBR

Published

on

By

Dok. Silaturahmi Pengurus IKBR ke LAMR

Membumi.com

Pekanbaru (10/7/24) – Bertempat di Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau, sekira pukul 11.00 Wib, sejumlah pimpinan Organisasi Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR)  yang dipimpin oleh Sekretaris IKBR, Mangasa Panjaitan, di damping oleh Ketua Bidang Organisasi, Dr. Martin Purba SH, MH, dan sejumlah pengurus IKBR lainnya, datang bersilaturahmi ke Lembaga Adat Melayu Riau. 

Kedatangan pengurus IKBR, disambut secara langsung oleh Ketua Umum MKA,  Datuk Seri H. R. Marjohan Yusuf, Ketua Umum DPH, Datuk Seri H. Taufik Ikram Jami. Selain Ketua Umum MKA dan DPH, ikut hadir  Timbalan Ketua Umum MKA,  Datuk H. Rustam Effendi dan Datuk Syaukani Al Karim, Sekretaris Umum DPH,  Datuk H. Jonaidi Dasa, dan pengurus lainnya. Ikut pula hadir dalam pertemuan tersebut AKBP Sugeng Hariyanto dari Direktorat Intelijen Keamanan Polda Riau.

Dalam penyampaian di depan Ketum MKA LAMR, Sekretaris IKBR menyampaikan bahwa kedatangan pengurus IKBR ke Lembaga Adat Melayu, adalah dalam rangka mempererat silaturahmi antara IKBR yang menjadi payung masyarakat Batak yang berada di Riau, dengan Lembaga Adat melayu.

Penyampaian Sekretaris IKBR, kemudiannya diperkuat oleh Ketua Bidang Organisasi IKBR, Dr. Martin Purba, SH, MH.  Dalam keterangannya, Dr.  Martin Purba, SH, MH., mengatakan, bahwa selain tujuan utama untuk bersilaturahmi, kedatangan mereka ke LAMR juga untuk menyampaikan penjelasan dan sekaligus berbincang  tentang  beberapa persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.

“Kita datang ke LAMR dalam rangka silaturahmi untuk mempererat hubungan. Selain itu, kami merasa perlu pula untuk menjelaskan tentang adanya berita dan statement dari oknum yang menyebut dirinya dari Jaringan Masyarakat Batak Riau. Terkait berita yang mengatasnamakan masyarakat Batak Riau, maka IKBR secara tegas menyatakan, bahwa itu adalah perbuatan oknum yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan IKBR. “

” Bahkan nama tersebut tidak dikenal dalam organisasi IKBR, dan perbuatannya berada di luar pengatahuan IKBR. Dengan penjelasan ini, kami berharap  riak – riak kecil yang muncul menjadi selesai, dan suasana kerukunan tetap terjaga di bumi Lancang Kuning,” kata Dr. Martin Purba, SH. MH.

Senada dengan pengurus IKBR, Ketua Umum MKA LAMR, Datuk Seri H. R. Marjohan Yusuf, mengatakan bahwa LAMR sangat menyambut baik silaturahmi yang dilakukan oleh IKBR dan silaturahmi tersebut dipandang sangat penting dalam menjaga persebatian masyarakat Riau.

“Kami dari LAMR dan IKBR telah menyamakan persepsi, bahwa kerukunan harus terjaga dengan baik, karena kita ingin Riau selalu kondusif, terlebih lagi dalam momen menghadapi pilkada yang tak lama lagi aku berlangsung. Persatuan dan kesatuan, berada di atas segalanya,” kata Datuk Seri Raja Marjohan.

Lebih lanjut, Ketua Umum MKA LAMR, mengharapkan agar perbuatan-perbuatan yang berpotensi menciptakan disharmoni antara suku dan hal yang berbau SARA lainnya tidak terjadi lagi.

“Selama ini kerukunan di bumi Lancang Kuning telah terjaga dengan baik, oleh karena itu jangan sampai dirusak oleh kepentingan-kepentingan tertentu.  LAMR sangat senang dan dapat memahami penjelasan yang disampaikan oleh IKBR. Kami mengajak kita sama-sama menjaga semangat persatuan dan kerukunan antar sesama masyarakat Riau,” tutup Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf.

.

.

Continue Reading

Figur

Sukses Operasi Hoopoe, Ini Pidato Sayyed Nasrallah

Pemimpin Hizbullah menggarisbawahi pentingnya dukungan front Lebanon pada tingkat militer, ekonomi, dan politik melawan “Israel”.

Published

on

By

Pimpinan Hizbullah Sayyed Nasrallah / SS Images Al Mayadeen

Membumi.com

Lebanon – Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah menggarisbawahi dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Rabu tentang peran penting yang dimainkan oleh front dukungan Lebanon dalam perang di Gaza dalam menghadapi pendudukan Israel.

“Pertempuran di front Lebanon telah memainkan peran yang sangat signifikan, menyebabkan kerugian material, moral, dan psikologis bagi musuh,” tegasnya saat upacara peringatan pemimpin senior Hizbullah Haji Sami Taleb Abdullah dan rekan-rekannya, yang syahid beberapa hari sebelumnya. dalam serangan Israel di Lebanon selatan.

Dia mempertanyakan gambaran kejadian di front selatan, dan menyatakan bahwa intensitas tanggapan Israel menunjukkan situasi yang lebih serius. “Jika apa yang terjadi di Front Selatan merupakan hal yang rutin, lalu mengapa harus ada upaya keras untuk menghentikannya, dan mengapa harus ada teriakan, intimidasi, ratapan, dan ancaman?” Dia bertanya.

Sayyed Nasrallah juga menyebutkan potensi eskalasi lebih lanjut, dengan menyatakan, “Kemungkinan untuk menyerang al-Jalil tetap ada jika konfrontasi meningkat.”

Mengatasi korban di Israel, pemimpin Perlawanan menuduh pendudukan Israel menyembunyikan kerugiannya di utara. “Musuh menyembunyikan kerugiannya di front utara namun tidak bisa menyembunyikan jumlah mereka yang telah mengungsi dari permukiman,” tegasnya.

Dia mengkritik penggambaran media global mengenai perang tersebut, dengan mengatakan, “Sejak awal Operasi Banjir al-Aqsa, telah ada mesin media global yang misinya adalah meremehkan tindakan kelompok pendukung dan perlawanan di Gaza.”

Sayyed Nasrallah menegaskan kembali bahwa pendudukan Israel sengaja menyembunyikan kekalahannya di utara untuk menghindari tekanan lebih lanjut. Dia memberikan angka spesifik mengenai evakuasi, menekankan bahwa “42 pemukiman telah dievakuasi sepenuhnya, dan kehidupan di beberapa pemukiman lainnya telah terganggu.”

Apalagi, ia menyatakan citra militer dan keamanan Israel sedang memburuk. “Citra pencegahan keamanan militer musuh sedang runtuh di hadapan rakyatnya, masyarakatnya, dan dunia,” tutupnya.

Meningkatnya kerugian

“Mereka gagal melindungi kapal-kapal Israel, yang merupakan kegagalan besar bagi dua armada angkatan laut paling penting di dunia, terutama armada Amerika,” tegas pemimpin Hizbullah itu.

Sayyed Nasrallah menarik dua kesimpulan dari front Yaman: “Pertama, kegagalan Amerika-Inggris, dan kedua, ketidakmampuan Israel untuk berperang di front tersebut.”

Dia mengkritik upaya pendudukan Israel untuk meraih kemenangan palsu, dengan menyatakan, “Musuh terengah-engah setelah kemenangan palsu dan dibuat-buat yang tidak memiliki dasar dalam kenyataan, hanya untuk menyajikannya kepada penonton sebagai sebuah kemenangan.”

Pemimpin Hizbullah menyoroti kerugian signifikan yang diderita pendudukan Israel di Gaza dan Tepi Barat, serta di Lebanon, Yaman, dan Irak.

“Musuh memahami sejak 8 Oktober bahwa posisinya akan menjadi sasaran dan kami memiliki cukup informasi tentang mereka, benteng mereka, peralatan mereka, dan jumlah mereka,” katanya. “Kami terus menyerang posisi musuh dalam jadwal tertentu dan spesifik,” ujarnya.

Sayyed Nasrallah merinci strategi Perlawanan untuk “membutakan” dan “menutupkan telinga” pendudukan Israel. “Perlawanan mengikuti strategi membutakan dan memekakkan telinga musuh dengan menargetkan peralatan teknis, radar, balon, dan banyak lagi,” jelasnya.

Baca : Wow ! Hizbullah Hoopoe Ungkap Infrastruktur Sensitif Israel

Operasi hoopoe

“Kami mempunyai informasi yang sangat, sangat, sangat banyak, dan rilis kemarin dipilih dari beberapa jam di Haifa,” tegasnya tentang Media Militer Perlawanan Islam di Lebanon – Hizbullah merilis rekaman hari Selasa yang menunjukkan drone pengintai terbang di atas wilayah tersebut. tanah Palestina yang diduduki, termasuk Kiryat Shmona, Nahariya, Safad, Karmiel, Afula, sampai ke Haifa dan pelabuhannya.

Secara detail, video tersebut pertama kali memperlihatkan drone Hizbullah terbang di atas kompleks industri militer milik Rafael Advanced Defense Systems, yang mencakup banyak pabrik, gudang, dan lapangan pengujian di mana komponen sistem pertahanan udara diproduksi dan dirakit, terutama Iron Dome dan Selempang David.

Platform Iron Dome dan David’s Sling, terowongan dan penyimpanan uji mesin roket, penyimpanan rudal pertahanan udara, fasilitas manufaktur komponen rudal, pabrik sistem kendali dan panduan, gedung administrasi perusahaan, dan radar pengujian rudal, semuanya muncul dalam video tersebut.

“Kami memiliki rekaman video berjam-jam mengenai Haifa dan sekitarnya, mencakup wilayah utara Haifa, wilayah di luar Haifa, dan wilayah di luar Haifa,” kata Sayyed Nasrallah.

“Kami telah mengembangkan senjata kami, menggunakan senjata baru, dan menyimpan senjata lainnya untuk beberapa hari mendatang untuk mempertahankan tanah kami, rakyat kami, dan kedaulatan Lebanon,” tegasnya. “Kami telah berperang hanya dengan sebagian dari persenjataan kami hingga saat ini, dan kami telah memperoleh senjata-senjata baru yang tidak akan kami ungkapkan; hal ini akan menjadi bukti di medan perang.”

Sayyed Nasrallah juga menggarisbawahi bahwa Perlawanan menghasilkan tenaga kerja yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia membahas tindakan pendudukan Israel di Suriah, dan mengklaim kegagalannya. “Musuh melakukan pertempuran di tengah perang di Suriah dan menemui kegagalan. Segala sesuatu yang seharusnya mencapai Lebanon telah tiba,” ujarnya.

Hizbullah mempunyai perlengkapan yang lengkap

“Musuh mengetahui dengan baik bahwa kami telah mempersiapkan diri menghadapi hari-hari terburuk dan mengetahui apa yang menantinya, itulah sebabnya musuh telah dihalangi selama 8-9 bulan terakhir,” kata Sayyed Nasrallah. Dia menekankan bahwa tidak ada lokasi di Palestina yang diduduki yang aman dari rudal dan drone Hizbullah. “Musuh tahu bahwa tidak akan ada tempat yang aman dari rudal dan drone kami, dan [serangan kami] tidak akan berupa pemboman acak.”

Nasrallah mengklaim bahwa Hizbullah memiliki bank sasaran yang komprehensif dan nyata dengan kemampuan mencapai semua sasaran, sehingga mengganggu stabilitas fondasi pendudukan Israel. Ia juga memperingatkan bahwa “musuh mengetahui bahwa apa yang menantinya di Laut Mediterania juga sangat signifikan.”

“Musuh tahu bahwa mereka pasti akan menunggu kita di darat, di udara, dan di laut, dan jika perang diberlakukan, perlawanan akan berperang tanpa kendala, aturan, atau batasan,” katanya.

Dalam pernyataan tegasnya, dia memperingatkan pemerintah Siprus agar tidak mengizinkan bandara dan pangkalannya digunakan oleh pendudukan Israel. “Pemerintah Siprus harus diperingatkan bahwa membuka bandara dan pangkalannya kepada musuh untuk menargetkan Lebanon berarti negara itu telah menjadi bagian dari perang.”

Sayyid Nasrallah menggambarkan konfrontasi yang sedang berlangsung ini sebagai pertempuran terbesar sejak tahun 1948 dengan cakrawala yang jelas dan cerah yang akan mengubah wajah kawasan dan membentuk masa depannya.

Ia menyimpulkan dengan menegaskan kembali ketabahan dan kesiapan Hizbullah untuk terlibat dalam pertempuran bersejarah ini hingga meraih kemenangan. “Kami menegaskan soliditas posisi dan kesiapan kami untuk melanjutkan sikap bersejarah, kemanusiaan, dan moral ini hingga kemenangan,” tutupnya.

Source : Al Mayadeen

.

Continue Reading

Figur

Silaturahmi ke LAMR, Pasangan Nawaitu diberi Petuah Tunjuk Ajar

Kita tentu menyambut dengan hati yang lapang dan muka yang jernih

Published

on

By

Silaturahmi Rombongan Nawaitu ke LAMR (19/06/24) / Dok. Sekretariat LAMR

Membumi.com

Pekanbaru – Pasangan bakal calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau 2024, H. Muhammad Nasir dan H. Muhammad Wardan, bersilaturahmi ke LAMR Provinsi Riau, Rabu, (19/06/2024). Tidak hanya berdua, pasangan yang bernama Nawaitu [Nasir-Wardan Untuk Riau Bersatu], datang dengan sejumlah pendukung dan fungsionaris partai Demokrat Riau.

Selain, H. Muhammad Nasir dan H. Muhammad Wardan, turut pula hadir menemani, Anggota DPRD Riau, Eddy Moh. Yatim, Mantan Sekda Bengkalis, Datuk Burhanudin, tim sukses, dan sejumlah pengurus partai Demokrat Provinsi Riau. Sementara dari LAMR Provinsi Riau, hadir Ketua Umum MKA Datuk Seri  H. Raja Marjohan Yusuf, Sekum LAMR, Datuk Alang Rizal, Sekum DPH, Datuk Jonnaidi Dasa, Datuk Najib Effendi,  pengurus lain baik dari MKA maupun DPH, serta sejumlah tokoh perempuan.

Dalam pertemuan dengan LAMR, baik H. Muhammad Nasir, maupun rombongan yang tergabung dalam Tim Nawaitu menyampaikan, bahwa kedatangan mereka ke LAMR Provinsi Riau dalam rangka silaturahim, serta meminta ” Tunjuk Ajar “ kepada tokoh-tokoh adat yang ada. Tim Nawaitu menyatakan sangat gembira, karena telah diterima dengan hangat oleh pengurus.

“Ya, kami datang secara khusus ke LAMR Provinsi Riau. Selain ingin bersilaturahmi, kami juga ingin mendapatkan arahan, tunjuk ajar dan masukan dari para tetua adat yang ada, dan berharap semoga dengan tunjuk ajar yang diberikan, maka kami dapat melangkah dengan baik dalam proses pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau,” ucap H. Muhammad Nasir dan H. M. Wardan.

Silaturahmi rombongan Nawaitu ke LAMR (19/06/24) / Dok. Sekretariat LAMR

Ketua Umum MKA LAMR Provinsi Riau Sambut baik Kedatangan H. Muhammad Nasir dan H.M. Wardan ke LAMR

“Kita tentu menyambut dengan hati yang lapang dan muka yang jernih, atas kedatangan bacalon Gubernur dan Wakil gubernur, Tuan H. Muhammad Nasir dan Tuan H. Muhammad Wardan ke LAMR Riau. Kita juga telah memberikan tunjuk ajar dan sejumlah pandangan kepada mereka berdua khususnya dan Tim Nawaitu, umumnya. Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik dan lancar, sebagaimana yang diharapkan,” kata Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf.

Selanjutnya, selaku Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat, Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf berharap agar pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, juga pemilihan Bupati dan Walikota yang akan dilaksanakan serentak dapat berjalan dengan baik dan penuh adab, khususnya menjunjung adab Melayu, dan kepada bacalon dan atau calon nantinya dapat mengikuti prosedur yang sudah diatur ketentuannya berdasarkan peraturan perundang-undangan, dengan mengedepankan adab Melayu dan menghindari politik uang.

“ Kita tentu menginginkan agar pemilu Kepala Daerah yang akan datang, selain berlangsung dengan aman dan tertib, juga dilaksanakan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Adab dan Tunjuk Ajar Melayu.”

Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf.

Datuk Afrizal Alang Sekum MKA LAMR juga mengharapkan bagi bacalon untuk memaknai, ” Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dimana air disauk disitu ranting dipatahkan. ” Maksudnya, dimana kita berpijak (tinggal) maka, wajib menjunjung tinggi adat dan budayanya, dan dimana kita berusaha (kehidupan) disitu kita meninggalkan tanda kebaikan untuk diingat dan dikenang oleh masyarakatnya.

Source : Sekretariat LAMR

Continue Reading

Trending