Connect with us

Business

Guys, Kenalkan ” Lucid Gravity, ” Mendefinisikan Ulang SUV Listrik

” Kami percaya, dalam upaya melampaui batas yang bisa dicapai dan dengan paket baterai sekitar setengah dari ukuran beberapa pesaing, Gravity adalah kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan serbaguna dengan Semangat Supercar. “

Published

on

Images : Introducing the Lucid Gravity : Redefining the Electric SUV

Membumi.com

California (17/11/23) – Lucid Group, Inc. (NASDAQ: LCID), yang secara luas diakui telah meningkatkan standar dalam kendaraan listrik mewah dengan Lucid Air, pemenangan penghargaan World Luxury Car Award 2023, sekali lagi mendefinisikan ulang keunggulan mereka dengan terobosan baru SUV listrik yang mewah.

Lucid Gravity. SUV Lucid Gravity yang sangat dinanti-nantikan ini dibangun di atas inovasi yang pertama kali terlihat dalam sedan Lucid Air, untuk menciptakan SUV listrik mewah tanpa kompromi: kendaraan berperforma tinggi dengan ruang yang cukup untuk tujuh orang dewasa dan barang-barangnya, serta proyeksi jarak berkendara yang melebihi 700 km1.

SUV Lucid Gravity akan memulai debut publiknya hari ini di Los Angeles Auto Show, dengan produksi yang akan dimulai pada akhir tahun 2024. ” SUV Gravity merupakan lompatan signifikan untuk teknologi dan desain Lucid yang terkemuka di dunia. Konsumen akan menemukan kombinasi yang belum pernah ada sebelumnya, antara ruang dan kemampuan manuver, kemewahan, serta keserbaguna.

Semuanya terintegrasi dengan mulus ke dalam satu kendaraan yang luar biasa dengan pengalaman berkendara dan jangkauan Lucid yang sesungguhnya,” ujar Peter Rawlinson, CEO dan CTO Lucid.

Teknologi pembangkit listrik EV inovatif Lucid dan pendekatan holistik kami terhadap rekayasa kendaraan, telah memungkinkan sedan Air mendefinisikan ulang apa yang dulunya dianggap mungkin untuk sebuah sedan sport mewah. “

Dengan Gravity, inovasi-inovasi ini berevolusi dan teknologi generasi berikutnya diterapkan dengan efek yang lebih besar, menghasilkan SUV listrik yang dapat mencapai jarak tempuh lebih dari 700 km1 dengan baterai yang ukurannya lebih kecil dari setengah ukuran beberapa pesaing kami yang haus akan baterai.

Desain Gravity: Keseimbangan Bentuk dan Fungsi

” Di Lucid, kami percaya bahwa kami selalu melampaui batas-batas desain. Kami telah berpijak pada keyakinan ini untuk memaksimalkan kelapangan, efisiensi aerodinamis, dan utilitas, sehingga bisa menghasilkan SUV listrik dengan perpaduan atribut yang belum pernah ada sebelumnya,”

” Baik itu SUV yang mengangkut kargo untuk perjalanan berkemah keluarga atau grand tourer jarak jauh yang menempuh jarak ratusan kilometer di antara pemberhentian, Gravity dirancang untuk serbaguna. ” ujar Derek Jenkins, Wakil Presiden Senior untuk Desain dan Merek di Lucid.

Ia juga mengungkapkan bahwa Dedikasi tim menciptakan SUV yang memadukan bentuk dan fungsi dengan sempurna, telah menghasilkan kendaraan yang menarik secara visual, sangat serbaguna, dan memberikan pengalaman berkendara yang mewah.

Komitmen Lucid terhadap keunggulan desain, interior yang luas, dan keserbagunaan semakin membedakan Gravity dari kompetitor. Pilihan desain eksteriornya merupakan bukti perpaduan antara estetika dan utilitas Gravity.

Fokus pada efisiensi telah menghasilkan target koefisien hambatan kurang dari 0,243, profil aerodinamis yang tak tertandingi oleh SUV tiga baris lainnya. Dengan tampilan gagah yang didukung oleh bagasi besar, profil yang ramping, kabin yang memanjang, bahu yang menonjol, dan spoiler ekor yang sporty, Gravity menunjukkan kemampuannya untuk memenuhi beragam kebutuhan pengemudi sehari-hari.

Di bagian dalam, Gravity tampak mengesankan dengan area kargo yang luas dan fleksibel. Kabin menawarkan tempat duduk yang luas, dengan tambahan kenyamanan kursi baris kedua dan ketiga yang dapat dilipat rata untuk membuka lebih dari 3 meter kubik dari total ruang kargo yang dapat digunakan untuk kombinasi kenyamanan dan kapasitas kargo yang mudah.

Kursi baris kedua dapat digeser, dipadukan dengan meja yang nyaman dan terintegrasi untuk pengalaman kursi belakang yang lebih nyaman. Ruang kaki yang luar biasa hingga ke baris ketiga, memungkinkan konfigurasi tujuh penumpang yang nyaman, menjadikannya kendaraan yang ideal untuk setiap petualangan.

Gravity merepresentasikan evolusi definitif dari antarmuka pengguna Lucid, yaitu Clearview Cockpit, yang menampilkan layar intuitif OLED 34 inci yang melengkung mulus dan mengapung di atas roda kemudi Gravity baru yang inovatif, sangat mendekati garis pandang pengemudi.

Panel Pilot Lucid kembali hadir di Gravity dengan bar sentuh akses-cepat yang berada di samping konsol tengah kaca baru yang dapat dibuka secara elegan untuk penyimpanan tambahan. SUV ini juga memperkenalkan perangkat lunak Lucid generasi berikutnya dengan pembaruan over-the-air, untuk memastikan peningkatan kendaraan yang berkelanjutan.

Performa Mobil Sport dan Jangkauan Mengemudi Lucid

Performa luar biasa Gravity dimulai dengan platform baru yang dikembangkan dari bawah ke atas sebagai SUV sporty. Semuanya terintegrasi secara mulus dengan teknologi pembangkit listrik ultraringkas Lucid generasi berikutnya, termasuk motor EV yang paling padat daya yang diproduksi secara global, dan evolusi dari arsitektur kelistrikan 900 V.

Gravity bukan hanya sebuah SUV mewah; ini adalah pembangkit tenaga listrik, berakselerasi dari 0-95 km/j dalam waktu kurang dari 3,5 detik, sambil memberikan kapasitas muatan yang substansial lebih dari 700 kg dan tambahan 2.700 kg kapasitas penarik 4.

Dengan SUV Gravity, performanya melampaui jalan beraspal karena Lucid memperkenalkan Zero Gravity, paket suspensi udara opsional yang disempurnakan, yang secara otomatis beradaptasi dengan berbagai kebutuhan medan, memastikan pengendaraan yang mulus dan nyaman di atas permukaan apa pun.

Penyesuaian manual juga menawarkan kemampuan untuk menaikkan Gravity guna memaksimalkan kemampuan off-road, atau menurunkannya untuk memaksimalkan performa dan jangkauan.

Filosofi desain dan rekayasa Lucid selalu memprioritaskan ‘melakukan lebih banyak dengan upaya lebih sedikit’. Gravity menerapkan prinsip ini untuk memberikan apa yang konsumen butuhkan: lebih banyak ruang, lebih banyak kegunaan, dan lebih banyak jangkauan, sambil menghindari kelebihan sel baterai, penambahan biaya kepemilikan, dan berat yang tidak perlu,” kata Eric Bach, Wakil Presiden Senior untuk Produk, dan Kepala Insinyur di Lucid.

” Kami percaya, dalam upaya melampaui batas yang bisa dicapai dan dengan paket baterai sekitar setengah dari ukuran beberapa pesaing, Gravity adalah kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan serbaguna dengan Semangat Supercar. ” 

SUV Gravity tidak hanya efisien. Mobil ini menetapkan standar baru untuk SUV dengan paket baterai yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih ramah lingkungan, sekaligus menawarkan jangkauan yang luar biasa, yang diproyeksikan melebihi 700 km1.

Gravity mengadopsi evolusi arsitektur perusahaan yang terkenal, yaitu lebih dari 900 V, dan tingkat pengisian daya yang sangat cepat, menjadikannya salah satu sistem pengisian daya EV tercepat di dunia.

Konsumen dapat menambah jarak tempuh hingga 320 km hanya dengan waktu pengisian sekitar 15 menit5, memastikan kenyamanan dan waktu henti yang minimal selama perjalanan jauh. Lucid Gravity menetapkan tolok ukur baru untuk SUV, membuktikan bahwa efisiensi, kemewahan, dan performa tinggi dapat berjalan berdampingan.

“Gravity akan membawa konsumen kami bepergian lebih jauh dengan baterai yang lebih sedikit, sehingga bisa menghemat energi yang berharga,” tambah Rawlinson.

“Paket baterai yang lebih kecil, lebih ringan, dan berteknologi lebih canggih berarti lebih sedikit logam dan mineral berharga, lebih sedikit energi untuk mengisi daya, lebih sedikit listrik yang dikonsumsi, lebih sedikit tekanan pada jaringan, serta bobotnya pun jadi lebih ringan dan kendaraan jadi lebih dinamis.

Ketika kami mengatakan bahwa kami ingin memajukan teknologi, inilah yang kami maksud. Inilah ramah lingkungan yang sesungguhnya.”

Pengalaman Gravity: Melampaui Kemewahan di Permukaan

Pengalaman mewah di dalam Gravity yang luar biasa dirancang untuk tubuh dan pikiran. Dari bahan yang dipilih dengan saksama, kesesuaian dan hasil akhir yang luar biasa, serta aksen yang ditempatkan dengan cermat, setiap aspek Gravity telah dibuat secara berkelanjutan dengan niat dan kesadaran lingkungan.

Selain itu, pengalaman tubuh yang menyeluruh tidak hanya memenuhi kebutuhan indera, tetapi juga memprioritaskan kenyamanan. Dengan diperkenalkannya fitur-fitur kenyamanan interaktif seperti Lucid Sanctuary dan Lucid Spaces, setiap pengalaman di Gravity dibawa ke tingkat yang baru.

Lucid Sanctuary adalah serangkaian pengalaman revolusioner yang dirancang dengan cermat untuk menghadirkan ketenangan saat bepergian, baik saat Anda berada di jalan maupun saat memarkir kendaraan di stasiun pengisian daya.

Dengan Lucid Spaces, satu ketukan akan mengubah kabin menjadi oasis yang tenang, membuat pengemudi terbenam dalam suasana yang menenangkan bagai di nirwana. Lucid juga bermitra dengan para ahli di Meditopia untuk menawarkan pengalaman meditasi terpandu yang menyediakan ruang pribadi untuk meditasi, tanpa harus keluar dari kendaraan.

Harga dan Ketersediaan

Dengan fokus untuk memberikan teknologi tercanggih dan pengalaman kendaraan listrik terbaik kepada khalayak seluas mungkin, Gravity akan memiliki harga yang kompetitif dalam kategori SUV premium ukuran penuh dengan harga awal yang diharapkan di bawah $80.0002.

Produksi diperkirakan akan dimulai pada akhir tahun 2024. Pelanggan diundang untuk mendaftarkan minat mereka pada Lucid Gravity di www.lucidmotors.com/gravity.

*Gravity sedang dalam tahap praproduksi, dan spesifikasi kendaraan di atas dapat berubah.

.

Source : PR Newswire

.

.

Business

Lintasarta Luncurkan Deka GPU, Solusi AI Cloud Percepat Tranformasi Digital

Menghadirkan server GPU tipe terbaru dengan konfigurasi 8x Nvidia H100

Published

on

By

Lintasarta kenalkan layanan terbaru, Deka GPU, yaitu AI Cloud yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan teknologi canggih dalam bidang machine learning, rendering, dan aplikasi CAD

Membumi.com

Jakarta – Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, bersiap memperkenalkan layanan terbaru mereka, Deka GPU, yaitu AI Cloud yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan teknologi canggih dalam bidang machine learning, rendering, dan aplikasi CAD dengan spesifikasi yang superior dan efisiensi biaya yang optimal.

“Dengan Deka GPU, kami berkomitmen untuk memberikan solusi teknologi terbaik yang dapat diandalkan oleh berbagai industri di Indonesia. Layanan ini tidak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga fleksibilitas dan efisiensi biaya yang signifikan. Harapannya, lebih banyak perusahaan yang melakukan transformasi digital dengan lebih cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal,” kata Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta.

Deka GPU yang didukung oleh Nvidia ini menghadirkan server GPU tipe terbaru dengan konfigurasi 8x Nvidia H100, menawarkan daya hingga 10 KVA dan berat hingga 100 KG, memberikan performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan GPU tipe lama seperti Nvidia A100 dan T4 yang sudah tidak lagi dijual.

Dengan Nvidia HGX H100 SXM5 yang memiliki RAM 80GB, kecepatan dalam aplikasi machine learning meningkat hingga 3-4 kali lipat dibandingkan Nvidia L40S. H100 juga dilengkapi dengan fitur MIG (Multi Instance GPU) yang memungkinkan partisi hingga 7 instance dalam satu container.

Nvidia L40S dengan RAM 48GB memiliki spesifikasi yang sangat ideal untuk rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD seperti AutoCAD. L40S mendukung fitur vGPU yang memungkinkan partisi RAM GPU hingga 10 kombinasi, serta memaksimalkan efisiensi penggunaan sumber daya.

Untuk memastikan kinerja optimal, Deka GPU juga didukung oleh jaringan on-premise dengan kecepatan minimal 100 Gbps, serta InfiniBand hingga 400 Gbps jika terdapat lebih dari satu server GPU. Lintasarta juga mendukung Jupyter Notebook, yang mana dapat memudahkan pengguna dalam melakukan coding dan pengembangan machine learning secara kolaboratif.

Deka GPU memastikan kepatuhan terhadap regulasi data di Indonesia, khususnya di sektor perbankan dan energi, dengan menjaga data agar tetap berada di dalam negeri. Lintasarta juga menawarkan model pembayaran bulanan dengan sistem pay per use dan tidak ada biaya OTC, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi awal yang besar, serta membuat layanan ini lebih terjangkau dan fleksibel.

Sebagai National Cloud Partner (NCP) Nvidia di Indonesia, Lintasarta menjamin alokasi GPU yang cepat dan mudah dibandingkan dengan solusi on-premise. Ini memungkinkan pelanggan mendapatkan performa optimal dengan waktu tunggu minimal.

Deka GPU menyediakan berbagai produk seperti Virtual Desktop Infrastructure, Kubernetes, Kubeflow & Jupyter Notebook, KubeApps untuk marketplace, Rendering Farm, Inference as a Service, dan Virtual Machine. Menggunakan AI Cloud GPU dengan konfigurasi maksimal dapat menghemat biaya operasional dibandingkan dengan penggunaan on-premise, terutama dalam hal power dan cooling.

Tentang Lintasarta (Indosat Ooredoo Hutchison Group)

Sejak 1988, Lintasarta merupakan penyedia Komunikasi Data, Internet dan IT Services untuk berbagai sektor industri. Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih dari 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optic, jaringan satelit, managed security & collaboration, data center dan DRC, cloud computing, managed services, e-Health dan solusi total komunikasi data dengan jaminan ketersediaan koneksi jaringan (SLA) sebesar 99%, 99,9% dan 99,99% sesuai kebutuhan para pelanggannya.

Layanan profesional kami didukung oleh lebih dari 1.000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional yang tersebar di lebih dari 54 kota di Indonesia. Infrastruktur Lintasarta berbasis platform jaringan Next Generation Network (NGN). Untuk jaminan mutu layanan Lintasarta telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, ISO 20000-1:2011, ISO 14001:2015, OHSAS 18001:2007, PCI DSS, CMSP (Cisco Managed Service Partner), dan SMK3 PP 50/2012.

Source : pressrelease.id

.

.

Continue Reading

Business

Untuk Sineas, Hollyland Luncurkan Sistem Transmisi Video 4K Nirkabel Terbaru

Menawarkan kualitas video nirkabel terbaik untuk empat monitor independen pada jarak jauh

Published

on

By

Images : hollyland.com

Membumi.com

Tiongkok – Hollyland Technology meluncurkan seri Pyro, sistem transmisi video nirkabel terbaru. Seri Pyro, terdiri atas Pyro H, Pyro S, dan Pyro 7, merupakan solusi inovatif multiperson untuk mengirim dan memantau gambar lewat perangkat seluler secara nirkabel. Solusi ini dapat digunakan tim syuting iklan dan televisi berskala kecil dan menengah.

Dengan satu unit transmitter yang mendukung hingga empat receiver, sistem Pyro yang berbobot ringan ini membuat proses transmisi dan pemantauan gambar menjadi lebih fleksibel, stabil, dan profesional. Hollyland mengembangkan teknologi nirkabel Auto Dual-Band Hopping (ADH) 2,4GHz dan 5GHz secara independen. Berkat teknologi ini, seri Pyro memiliki fitur anti-inferensi yang lebih baik sekaligus mengurangi jeda (lag) dan meningkatkan rentang jarak.

Teknologi baru dan inovatif ini menawarkan keunggulan sehingga Pyro S menghasilkan kualitas video nirkabel terbaik untuk empat monitor independen pada jarak jauh, memenuhi kebutuhan sineas profesional dan kreator video.

Jangkauan hingga 400 meter (1.300 kaki) dengan kualitas video yang halus dan kejernihan yang luar biasa

Teknologi ADH Hollyland juga menjamin Pyro H dan Pyro S mengirim video nirkabel yang stabil dengan standar 4k/30fps, serta jangkauan hingga 400 meter ketika broadcast mode nonaktif. Kinerja ini menghasilkan gambar yang sangat jernih, detail, dan realistis—maka, Pyro ideal digunakan untuk aplikasi profesional.

Berkat teknologi ini, kinerja dan efisiensi sinyal transmisi pun menjadi lebih baik. Hasilnya, gambar rekaman video dapat dimonitor secara real-time dengan latensi minimal oleh seluruh kru (misalnya, sutradara, produser, staf pencahayaan, dan tenaga audio).

Mudah dikonfigurasi pengguna untuk setiap skenario penggunaan

Pengguna dapat mengoptimalkan kinerja pemantauan video menurut kebutuhan. Tampilan antarmuka mempermudah pemilihan moda agar pengguna memperoleh frame rate yang halus dan latensi rendah, atau kualitas video yang semakin jernih. Pengguna dapat menggunakan moda Smooth atau HD, bergantung pada skenario syuting.

Dengan moda Smooth, Pyro menjaga transmisi video tetap lancar, sebab bitrate diatur secara dinamis demi mencapai latensi hanya 50ms untuk transmisi video dalam jarak yang sangat jauh. Moda HD menghasilkan kualitas gambar terbaik dengan bitrate stabil yang berkisar 8-12 Mbps, bahkan dalam jarak 1.300 kaki (400m) sehingga menjamin visual tetap jernih. (Jangkauan transmisi bersifat line-of-sight, berdasarkan pengukuran laboratorium yang bebas interferensi).

Koneksi fleksibel: HDMI, SDI, Loopout

Seri Pyro menjadi solusi ideal untuk proyek syuting profesional dan pembuatan iklan berskala kecil, termasuk USB Video Class (UVC) dan Real-Time Messaging Protocol (RTMP) yang mempermudah konektivitas dan kompatibilitas perangkat, serta streaming.

Pyro H memiliki HDMI Input/Output dan Loopout agar pengguna dapat mengoneksikan kamera dan transmitter, serta mengirim sinyal ke receiver sambil memonitor proses syuting dari porta loopout. Pyro S memiliki HDMI and SDI Input/Output, cocok untuk proyek syuting profesional dan iklan berskala kecil. Pyro 7 memiliki HDMI dan SDI Input/Output serta Loopout agar pengguna dapat memilih koneksi terbaik menurut kebutuhan dan peralatan yang digunakan.

Mudah digunakan, tangguh, dan portabel

Rangka seri Pyro terbuat dari bahan campuran magnesium-aluminum berstandar industri penerbangan sehingga berbobot ringan. Di sisi lain, seri Pyro juga sangat tangguh, ideal untuk kreator video yang memiliki kebutuhan intens dan cepat bergerak. Pyro H dan Pyro S memiliki layar monitor LCD dengan warna yang tajam, baik pada transmitter dan receiver.

Maka, Pyro H dan Pyro S menawarkan akses yang mudah lewat tampilan antarmuka yang intuitif dan kemudahan memilih pengaturan cepat. Pyro 7 hadir dalam bentuk monitor nirkabel berukuran 7-inci dengan fitur terpadu yang segera diluncurkan pada Juli tahun ini.

Harga dan Ketersediaan Produk

Pyro S segera diluncurkan secara global pada 22 Mei 2024, serta dijual lewat distributor lokal dan gerai Amazon. Informasi lebih lanjut tentang sistem transmisi video nirkabel Pyro S terbaru: https://www.hollyland.com/product/pyro-s?utm_source=pr&utm_medium=media&utm_campaign=pyros Shopee: https://hollyland.info/3QUBX5N  

Sistem Transmisi Video Nirkabel Pyro S: IDR 9,990,000

Tentang Hollyland Technology

Shenzhen Hollyland Technology Co., Ltd. (Hollyland) telah menyediakan solusi profesional untuk transmisi data, audio, dan video nirkabel, serta sistem komunikasi nirkabel (wireless intercom) bagi pelanggan global sejak 2013. Hollyland menjangkau banyak segmen pasar, termasuk produksi film, televisi, produksi video, penyiaran, pertunjukan langsung (live event), ekshibisi, media penyiaran, produksi, teater, rumah ibadah, serta rumah rental. Kunjungi https://www.hollyland.com/, Hollyland Facebook, dan Hollyland Instagram.

Source : PR Newswire

.

.

Continue Reading

Business

Pelindo Siap Dukung Percepatan Pengeluaran Petikemas Impor

Saat ini layanan terminal petikemas Pelindo telah berbasis integrated planning and control

Published

on

By

Suasana pelabuhan Tanjung Priok / Dok. Pelindo

Membumi.com

Jakarta – Pelindo menyambut baik relaksasi aturan impor melalui penerbitan Permendag No 8 tahun 2024, berikut peraturan turunannya Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No 17 Tahun 2024. Untuk itu, Pelindo siap mendukung sepenuhnya percepatan proses pengeluaran petikemas dengan berkoordinasi bersama instansi/stakeholder kepelabuhanan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta kepada seluruh jajaran yang ada di pelabuhan untuk bekerja 24/7 termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden agar semua bekerja 24 jam mengeluarkan barang hingga selesai agar barang dapat segera dikeluarkan,” ujar Airlangga pada saat melakukan peninjauan langsung pemberlakuan kebijakan relaksasi impor di Pelabuhan Tanjung Priok pada 18 Mei 2024.

Sejalan dengan itu, dalam kegiatan yang sama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta kesiapan dari seluruh ekosistem di pelabuhan ini, tidak hanya Bea Cukai namun juga institusi lainnya termasuk Karantina, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Pelindo, serta instansi terkait lainnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pelindo siap menjalankan arahan Menko Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan untuk bekerja 24/7 bersama-sama stakeholders di pelabuhan, guna percepatan pengeluaran petikemas.

Pelindo menegaskan bahwa penumpukan kontainer-kontainer itu dipastikan tidak mengganggu operasional pelabuhan, baik di Pelabuhan Tanjung Priok maupun Pelabuhan Tanjung Perak. Indikator kepadatan di dalam terminal, yaitu Yard Occupancy Ratio (YOR), di seluruh terminal petikemas yang dikelola Pelindo masih berada di bawah 60%.

“Sebagai informasi, dari data April 2024 untuk terminal petikemas di Tanjung Priok, YOR masing-masing yaitu JICT sebesar 51,61%, TPK Koja 43,00%, IPC TPK 51,75%, dan NPCT1 36.00%. Terminal dapat dikatakan padat ketika angkanya di atas 70%. Dengan demikian, operasional di dalam terminal masih aman terkendali,” terang Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono.

Saat ini layanan terminal petikemas Pelindo telah berbasis integrated planning and control yang mampu mempercepat proses bongkar muat maupun identifikasi peti kemas. Selain itu, di beberapa terminal sudah menerapkan Terminal Booking System (TBS) dan single truck identification system (STID) untuk mengatur antrean truck pada saat receiving/delivery sehingga mencegah kemacetan, seperti misalnya di terminal JICT Jakarta.

Kebijakan relaksasi impor juga disambut baik oleh Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA). Ketua ALFI/ILFA Jawa Timur, Sebastian Wibisono, menyampaikan dengan adanya aturan ini diharapkan kontainer yang sudah tertumpuk bisa segera keluar.

“Kami selalu siap mengawal regulasi pemerintah yang mengatur regulasi perdagangan, yang melindung pelaku-pelaku usaha dalam negeri, dengan tetap menjaga kelancaran rantai logistik. Dengan demikian, para eksportir dan importir akan terbantu” ucap Sebastian.

Sebastian menambahkan sejauh ini layanan pengeluaran barang  di Pelindo khususnya di Terminal Petikemas Surabaya dan Teluk Lamong berjalan lancar berkat adanya digitalisasi dan komunikasi yang baik.

“Pelindo intensif melakukan koordinasi dengan instansi/stakeholder kepelabuhanan untuk sama-sama memonitor dan atasi penyelesaian keluarnya kontainer-kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak selama 24/7,” pungkas Arif.

Source : pressrelease.id

.

.

Continue Reading

Trending