Headlines

World Bank Umumkan Dana Bantuan Darurat Baru ke Gaza Senilai $20 Juta

Persetujuan ini merupakan bagian dari paket keseluruhan sebesar $35 juta yang dialokasikan World Bank

Published

on

IRNA News Agency / Gaza Images

Membumi.com

Washington (12/12/23) – World Bank mengumumkan pendanaan baru senilai $20 juta untuk bantuan darurat ke Gaza adalah bagian dari paket dukungan senilai $35 juta. Dalam pengumumnan pendanaan baru senilai $20 juta tersebut diberikan untuk bantuan darurat bagi masyarakat yang terkena dampak di Gaza.

Termasuk pembiayaan baru sebesar $10 juta untuk voucher makanan dan parsel, yang disetujui oleh dewan Direksi World Bank, yang akan menjangkau sekitar 377.000 orang. Bantuan yang sangat dibutuhkan ini akan disalurkan melalui Program Pangan Dunia, yang berasal dari Proyek Darurat Perlindungan Sosial dan Pekerjaan Tanggap COVID-19.

Selain itu, Program Dana Perwalian Kedaruratan dan Kesiapsiagaan Kesehatan World Bank telah mengalokasikan $10 juta, yang disediakan oleh Jepang dan Jerman, untuk perawatan medis dan pasokan untuk tujuan kemanusiaan.

Bantuan tersebut akan diberikan melalui UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai bagian dari Proyek Tanggap Darurat Kesehatan Gaza yang akan menyediakan perawatan medis darurat bagi sekitar 10 persen penduduk Gaza.

Persetujuan ini merupakan bagian dari paket keseluruhan sebesar $35 juta yang dialokasikan World Bank sebagai hibah darurat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak di Gaza. Adapun dana awal sebesar $15 juta untuk bantuan darurat telah disalurkan.

Pembiayaan tersebut diambil dari kombinasi restrukturisasi proyek dan aktivasi respons darurat dari portofolio aktif World Bank untuk Tepi Barat dan Gaza, serta dari dana perwalian yang dikelola World Bank.

Dana ini diarahkan untuk mendukung penyediaan makanan, air, dan layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan. Hal ini mencakup persediaan medis, peralatan, dan layanan kesehatan darurat, seperti paket makanan dan voucher. perlengkapan kebersihan, air minum, dan tablet pemurni air.

Gaza Images : IRNA NEWS Agency

Kegiatan – kegiatan tersebut dilaksanakan melalui badan-badan PBB, seperti Organisasi Kesehatan Dunia, Program Pangan Dunia dan UNICEF, yang telah terbukti mampu melaksanakannya dalam situasi konflik dan sudah aktif di Gaza.

Disampaikan juga bahwa pembiayaan tersebut diatur melalui prosedur fidusia yang kuat yang memastikan sumber daya yang menjangkau masyarakat serta digunakan sesuai tujuan yang dimaksudkan.

World Bank baru – baru ini melakukan analisis mengenai dampak ekonomi dari konflik terhadap perekonomian Palestina. Jika situasi memungkinkan, World Bank akan menyelesaikan Rapid Damage and Needs Assessment (RDNA), bekerja sama erat dengan badan-badan PBB dan Komisi Eropa serta mitra pembangunan lainnya.

RDNA adalah laporan analitis World Bank yang menilai kerusakan fisik dan dampak ekonomi pasca – konflik dan pasca bencana dan memberikan penilaian dasar mengenai kebutuhan upaya pemulihan dan rehabilitasi.

Source : https://www.worldbank.org

.

.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Exit mobile version