Headlines

103 Tewas, Kecaman Global Mengalir Pasca Serangan Teror di Kerman

Terorisme dan kekerasan tidak pernah bisa dibenarkan !

Published

on

Images : Korban Serangan Bom di Kerman Iran

Membumi.com

Teheran (4/1/24) – Kecaman mengalir deras menyusul serangan teroris pada Rabu di kota Kerman, tenggara Iran, yang menewaskan puluhan orang. Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa dan semakin banyak negara yang mengecam serangan tersebut, menyatakan simpati terhadap bangsa Iran.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk keras serangan yang terjadi ketika orang-orang memperingati empat tahun pembunuhan jenderal top Iran Qassem Soleimani oleh AS.

Guterres menyerukan agar mereka yang bertanggung jawab bertanggung jawab atas serangan itu dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat dan pemerintah Iran.

“ Sekretaris Jenderal menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat serta Pemerintah Republik Islam Iran. Beliau mendoakan yang terluka segera pulih, ” kata Juru Bicara PBB Florencia Soto Nino, menurut siaran pers PBB.

Baca : Acara Peringatan Kematian Qassem Soleimani di Iran Diserang Bom, 73 Terbunuh, Ratusan Terluka

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell juga mengutuk keras serangan di Kerman, dan menyatakan simpati kepada keluarga korban serta rakyat dan pemerintah Iran.

Dia berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian menyoroti perlunya memerangi segala bentuk terorisme oleh komunitas internasional. 

Uni Eropa mengeluarkan pernyataan terpisah, juga mengecam keras serangan tersebut dan menyatakan solidaritasnya dengan rakyat Iran. Dikatakan bahwa para pelaku serangan teroris ini harus dimintai pertanggungjawaban.

Menteri Luar Negeri Irlandia Micheál Martin mengutuk “serangan yang tercela dan tidak pandang bulu” tersebut.  

“Saya mengutuk keras pemboman di Iran hari ini, sebuah serangan yang tercela dan tidak pandang bulu. Terorisme dan kekerasan tidak pernah bisa dibenarkan. Saya menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai dan kepada rakyat Iran,” tulisnya di X, sebelumnya Twitter.

Baca : Iran nyatakan berkabung setelah Kerman diserang teroris yang menewaskan 103 orang

Negara-negara Teluk Persia seperti Qatar dan Oman juga mengecam keras serangan tersebut, dan menyampaikan belasungkawa mereka kepada rakyat dan pemerintah Iran.

Oman menegaskan kembali pendiriannya untuk mengecam segala bentuk kekerasan dan terorisme, sementara Qatar menyatakan penolakannya terhadap kekerasan, terorisme, dan tindakan kriminal apa pun motif di baliknya.

Di kawasan yang sama, Juru Bicara Pemerintah Irak Basim Alawadi mengecam serangan tersebut dan menyatakan solidaritas negaranya terhadap rakyat dan pemerintah Iran. Dia mengatakan bahwa Irak siap menawarkan bantuan kepada Iran.

Ulama Irak Ayatollah Seyyed Ali Sistani, dalam pesan yang dikeluarkan oleh kantornya, menyatakan kesedihan yang mendalam atas serangan itu dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban serta seluruh rakyat Iran.

Baca : Iran Murka Usai Elite Militernya Tewas Diserang Israel

Pejabat tinggi Pakistan mengeluarkan pesan terpisah, dimana perdana menteri, menteri luar negeri dan ketua parlemen mengutuk ” serangan keji ” tersebut. Duta Besar Pakistan untuk Teheran juga menyampaikan komentar yang sama. 

Kepada Amerika Latin, Menteri Luar Negeri Venezuela Yvan Gil membagikan postingan di X, mengutuk “dengan kerasnya serangan teroris yang terjadi di kota Kerman.” Dia menyerukan hukuman bagi pelakunya.  

Sejumlah negara lain, termasuk Rusia, telah mengecam serangan tersebut.

Source : IRNA News Agency 

.

.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Exit mobile version