Headlines

Sedikitnya 62 Orang Tewas, 1000 Tentara Jepang Terjun ke Zona Bencana

“ Terlalu percaya pada kekuatan sains sangatlah berbahaya. Kita berurusan dengan alam,”

Published

on

Houses collapsed in Noto-cho, Ishikawa prefecture, Japan. (Kyodo News via AP)

Membumi.com

Suzu (3/01/24) – Serangkaian gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang bagian barat menyebabkan sedikitnya 62 orang tewas (update 103 orang) ketika petugas penyelamat berjuang pada Rabu untuk menyelamatkan mereka yang dikhawatirkan terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang runtuh.

Gempa susulan terus mengguncang prefektur Ishikawa dan daerah sekitarnya dua hari setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menghantam daerah tersebut. 72 jam pertama dianggap penting untuk menyelamatkan nyawa pasca bencana.

Layanan air, listrik, dan telepon seluler masih terputus di beberapa daerah. Warga mengungkapkan kesedihan atas masa depan mereka yang tidak pasti.

“Bukan hanya itu yang berantakan. Dindingnya telah runtuh, dan Anda dapat melihat ke ruangan berikutnya. Saya rasa kami tidak bisa tinggal di sini lagi,” kata Miki Kobayashi, warga Ishikawa, sambil menyapu sekitar rumahnya.

Rumahnya juga rusak akibat gempa tahun 2007, katanya.

Dari jumlah kematian tersebut, 29 orang dihitung di kota Wajima, sementara 22 orang meninggal di Suzu, menurut otoritas Prefektur Ishikawa. Lusinan orang terluka parah, termasuk di prefektur terdekat.

Meskipun jumlah korban terus meningkat secara bertahap, peringatan masyarakat yang cepat, yang disampaikan melalui siaran dan telepon, serta tanggapan cepat dari masyarakat umum dan pejabat tampaknya telah membatasi beberapa kerusakan yang terjadi.

Toshitaka Katada, seorang profesor di Universitas Tokyo yang berspesialisasi dalam bencana, mengatakan masyarakat bersiap karena daerah tersebut telah dilanda gempa dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memiliki rencana evakuasi dan persediaan darurat.

“Mungkin tidak ada orang di dunia yang siap menghadapi bencana seperti orang Jepang,” katanya kepada The Associated Press.

Jepang sering dilanda Gempa karena lokasinya yang berada di sepanjang “ Cincin Api ”, yaitu Busur Gunung Berapi dan Garis Patahan di Cekungan Pasifik.

Katada memperingatkan bahwa situasinya masih genting dan tidak dapat diprediksi. Gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada bulan Maret 2011 di timur laut Jepang telah didahului oleh gempa-gempa lainnya.

“Ini masih jauh dari selesai,” kata Katada.

Prediksi para ilmuwan berulang kali terbukti salah, misalnya pada gempa tahun 2016 di barat daya Kumamoto, sebuah wilayah yang sebelumnya dianggap relatif bebas gempa.

“ Terlalu percaya pada kekuatan sains sangatlah berbahaya. Kita berurusan dengan alam,” kata Katada.

Rekaman udara dari media Jepang menunjukkan kerusakan luas di lokasi yang paling parah terkena bencana, dengan tanah longsor yang mengubur jalan, perahu-perahu terlempar ke perairan, dan kebakaran yang membuat seluruh bagian kota Wajima menjadi abu.

Militer Jepang telah mengirimkan 1.000 tentara ke zona bencana untuk bergabung dalam upaya penyelamatan. Tidak dapat dipastikan berapa banyak lagi korban yang masih berada di reruntuhan.

Regulator nuklir mengatakan beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir di wilayah tersebut beroperasi normal. Gempa besar dan tsunami pada tahun 2011 menyebabkan tiga reaktor meleleh dan melepaskan sejumlah besar radiasi di pembangkit listrik tenaga nuklir di timur laut Jepang.

Pada hari Senin, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Ishikawa dan peringatan atau nasihat tsunami tingkat rendah untuk seluruh pantai barat pulau utama Jepang, Honshu, serta untuk pulau utara Hokkaido.

Peringatan tersebut diturunkan beberapa jam kemudian, dan semua peringatan tsunami dicabut pada Selasa pagi. Gelombang berukuran lebih dari satu meter (3 kaki) melanda beberapa tempat.

Namun, kapal-kapal yang setengah tenggelam masih terapung di teluk tempat gelombang tsunami bergulung, meninggalkan garis pantai yang berlumpur.

Orang-orang yang dievakuasi dari rumahnya berkerumun di auditorium, sekolah, dan pusat komunitas. Kereta peluru di wilayah tersebut dihentikan, namun sebagian besar layanan telah pulih. Beberapa bagian jalan raya ditutup.

Peramal cuaca memperkirakan akan turun hujan, sehingga memicu kekhawatiran akan runtuhnya bangunan dan infrastruktur.

Wilayah ini mencakup tempat-tempat wisata yang terkenal dengan barang-barang pernis dan kerajinan tradisional lainnya, serta situs warisan budaya yang ditetapkan.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bergabung dengan Presiden Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya dalam menyatakan dukungannya terhadap Jepang.

“Hati kami tertuju pada teman-teman kami di Jepang, kami akan memberikan dan telah menawarkan dukungan apa pun yang diminta oleh teman-teman kami di Jepang.”

Source : The Associated Press

.

.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Exit mobile version