Meskipun Microsoft sebagian besar memberhentikan peran di Activision Blizzard, beberapa karyawan Xbox dan ZeniMax juga akan terkena dampak pemotongan tersebut. Pemotongan ini mencakup sekitar 8 persen dari keseluruhan divisi Microsoft Gaming yang memiliki total sekitar 22.000 karyawan.
Sebagaimana memo internal dari CEO Microsoft Gaming Phil Spencer yang mengonfirmasi PHK sebagai berikut :
“ Sudah lebih dari tiga bulan sejak tim Activision, Blizzard, dan King bergabung dengan Microsoft. Seiring kami bergerak maju di tahun 2024, pimpinan Microsoft Gaming dan Activision Blizzard berkomitmen untuk menyelaraskan strategi dan rencana eksekusi dengan struktur biaya berkelanjutan yang akan mendukung keseluruhan pertumbuhan bisnis kami.
Bersama-sama, kita telah menetapkan prioritas, mengidentifikasi bidang-bidang yang tumpang tindih, dan memastikan bahwa kita semua selaras dalam memanfaatkan peluang terbaik untuk pertumbuhan. Sebagai bagian dari proses ini, kami telah mengambil keputusan yang menyakitkan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja gaming kami sebanyak 1.900 peran dari 22.000 orang di tim kami.
Saya dan Tim Kepemimpinan Gaming berkomitmen untuk menjalani proses ini secermat mungkin. Orang-orang yang terkena dampak langsung dari pengurangan ini semuanya berperan penting dalam kesuksesan tim Activision Blizzard, ZeniMax, dan Xbox, dan mereka patut bangga dengan semua yang telah mereka capai di sini.
Kami berterima kasih atas semua kreativitas, semangat, dan dedikasi yang mereka berikan pada permainan kami, para pemain, dan kolega kami.
Kami akan memberikan dukungan penuh kepada mereka yang terkena dampak selama masa transisi, termasuk tunjangan pesangon yang diinformasikan oleh undang-undang ketenagakerjaan setempat.
Mereka yang perannya akan terkena dampak akan diberitahu, dan kami meminta Anda untuk memperlakukan kolega Anda yang akan berangkat dengan rasa hormat dan kasih sayang yang sejalan dengan nilai-nilai kita.
Ke depan, kami akan terus berinvestasi di bidang yang akan mengembangkan bisnis kami dan mendukung strategi kami untuk menghadirkan lebih banyak game ke lebih banyak pemain di seluruh dunia.
Meskipun ini adalah momen yang sulit bagi tim kami, saya tetap yakin dengan kemampuan Anda dalam menciptakan dan mengembangkan game, cerita, dan dunia yang menyatukan para pemain, “ sebut Phil dalam memo yang disampaikannya kepada The Verge.
Bersamaan dengan PHK tersebut, presiden Blizzard Mike Ybarra telah memutuskan untuk meninggalkan perusahaan. “ Seperti yang Anda ketahui, Mike sebelumnya menghabiskan lebih dari 20 tahun di Microsoft.
Sekarang setelah dia menyelesaikan akuisisi sebagai presiden Blizzard, dia memutuskan untuk meninggalkan perusahaan, ” kata presiden studio dan konten game Microsoft, Matt Booty, dalam memo internalnya.
” Microsoft berencana menunjuk presiden Blizzard baru minggu depan. Allen Adham, chief design officer Blizzard, juga akan meninggalkan perusahaan. “ Sebagai salah satu pendiri Blizzard, Allen telah memberikan dampak luas pada semua game Blizzard.
Pengaruhnya akan terasa selama bertahun-tahun yang akan datang, baik secara langsung maupun tidak langsung seiring dengan rencana Allen untuk terus membimbing desainer muda di seluruh industri ini,” kata Booty.
Game survival Blizzard yang diumumkan sebelumnya juga telah dibatalkan sebagai bagian dari perubahan ini. Booty mengatakan Microsoft akan, “ mengalihkan beberapa orang yang mengerjakannya ke salah satu dari beberapa proyek baru yang menjanjikan yang dimiliki Blizzard dalam tahap awal pengembangan. ”
PHK juga terjadi pada bulan yang sama pada Riot Games, Google, Discord, Twitch, Unity, eBay, dan lainnya
Microsoft menyelesaikan akuisisi Activision Blizzard senilai $68,7 miliar pada bulan Oktober, setelah 20 bulan berjuang dengan regulator di Inggris dan AS. Mantan CEO Activision Blizzard Bobby Kotick mengundurkan diri pada akhir Desember, dan Microsoft tidak menunjuk penggantinya secara langsung. Sebaliknya, sejumlah eksekutif Activision Blizzard kini melapor ke Matt Booty.
PHK hari ini terjadi hanya beberapa bulan setelah beberapa perubahan besar dalam kepemimpinan Xbox yang membuat Sarah Bond dipromosikan menjadi presiden Xbox, memimpin semua pekerjaan platform dan perangkat keras Xbox. Booty juga dipromosikan menjadi presiden konten dan studio game, termasuk mengawasi Bethesda, studio ZeniMax, dan Activision Blizzard.
Microsoft terakhir kali mengumumkan PHK besar-besaran setahun lalu, yang berdampak pada 10.000 karyawan. Pembuat perangkat lunak ini akan melaporkan pendapatan fiskal Q2 2024 minggu depan, yang untuk pertama kalinya akan mencakup hasil dampak akuisisi Activision Blizzard.
” Seperti yang mungkin sudah Anda baca di catatan Phil, hari ini adalah hari yang penuh tantangan karena kita mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa rekan kita. Ini adalah proses yang sulit, namun ini adalah proses terbaik yang memungkinkan Blizzard dan Xbox menghadirkan game-game ambisius untuk para pemain kami di lebih banyak platform dan di lebih banyak tempat dibandingkan sebelumnya.
Kami bergerak maju dengan strategi yang lebih fokus di Microsoft Gaming yang menyiapkan kami untuk pertumbuhan berkelanjutan dan menyelaraskan bakat dan sumber daya kami dengan prioritas utama kami.
Selain kejadian hari ini, Mike Ybarra dan saya telah mendiskusikan masa depannya dan beberapa minat pribadinya selama beberapa waktu. Seperti yang Anda ketahui, Mike sebelumnya menghabiskan lebih dari 20 tahun di Microsoft.
Sekarang setelah dia menyelesaikan akuisisi sebagai presiden Blizzard, dia memutuskan untuk meninggalkan perusahaan. Seiring berjalannya waktu, kami akan terus membangun momentum positif yang diciptakan Mike dan berusaha untuk terus melampaui ekspektasi para pemain Blizzard.
Saya ingin berterima kasih kepada Mike atas kepemimpinannya dan atas kemitraan serta nasihatnya sejak kesepakatan itu tercapai. Saya tahu dia berencana untuk bepergian dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya. Kami mendoakan yang terbaik untuknya.
Selain itu, Allen Adham, Chief Design Officer Blizzard, akan meninggalkan perusahaan. Sebagai salah satu pendiri Blizzard, Allen telah memberikan pengaruh luas pada semua game Blizzard. Pengaruhnya akan terasa selama bertahun-tahun yang akan datang, baik secara langsung maupun tidak langsung seiring dengan rencana Allen untuk terus membimbing para desainer muda di seluruh industri.
Presiden Blizzard yang baru akan diumumkan minggu depan.
Apa yang terjadi selanjutnya
Mereka yang terkena dampak akan diberitahu dalam pertemuan mulai hari ini. Mengingat hari yang penuh tantangan di masa depan, siapa pun yang ingin bekerja dari rumah dan ingin bekerja dari rumah, kini dapat bekerja dari jarak jauh.
Karena zona waktu dan hari libur lokal, beberapa karyawan yang terkena dampak di APAC dan EMEA akan diberitahu nanti malam hingga awal minggu depan. Setelah notifikasi selesai, pimpinan akan mengumpulkan timnya. Harap perhatikan proses ini dalam percakapan dan penjangkauan Anda selama beberapa hari ke depan.
Detail Aksi Hari Ini
Perubahan yang diumumkan hari ini mencerminkan fokus pada produk dan strategi yang paling menjanjikan bagi pertumbuhan Blizzard di masa depan, serta mengidentifikasi area yang tumpang tindih antara Blizzard dan Microsoft Gaming.
Tindakan hari ini memengaruhi banyak tim di Blizzard, termasuk tim pengembangan, organisasi layanan bersama, dan fungsi perusahaan. Sebagai bagian dari fokus ini, Blizzard mengakhiri pengembangan proyek permainan bertahan hidup dan akan mengalihkan beberapa orang yang mengerjakannya ke salah satu dari beberapa proyek baru yang menjanjikan yang dimiliki Blizzard dalam tahap awal pengembangan.
Apa pun alasan di balik keputusan ini, keputusan tersebut tidak pernah dibuat dengan mudah. Perubahan seperti ini berdampak pada kehidupan kolega dan teman, dan kami semua berterima kasih atas kontribusi mereka yang berarti bagi Blizzard dan jajaran game kelas dunianya.
Seperti yang dinyatakan Phil, kami akan memberikan dukungan penuh kepada mereka yang terkena dampak selama masa transisi, termasuk tunjangan pesangon yang diinformasikan oleh undang-undang ketenagakerjaan setempat.
Saya memahami bahwa ini adalah masa yang penuh tantangan dan membutuhkan banyak proses. Saya belum banyak bertemu dengan Anda, dan mendengar keputusan ini dari saya mungkin sulit.
Hari ini, saya berada di kampus Irvine Blizzard, dan saya secara pribadi berkomitmen untuk mendukung Anda sebagai tim dan individu, terus memberi Anda informasi, dan menjalani masa transisi ini dengan hati-hati dan transparan.
Terima kasih telah mengatasi perubahan ini bersama kami. Bersama-sama kami akan terus menciptakan game yang luar biasa untuk para pemain kami, dengan budaya yang memberdayakan setiap orang untuk menjadi diri mereka yang paling autentik dan melakukan pekerjaan terbaik mereka. “ sebut Matt dalam memonya dilansir dari The Verge.
Dok. Prof. Said Aqil Siroj, KH. Salman Amrillah, KH. M. Bondan Niji dan HEM Surachmat
Membumi.com
Pekanbaru (30/01/25) – Bertempat di Saung Mitra Sunda Riau (MISURI) HEM. Surachmat didampingi Fari Suradji selaku Sekretaris dalam keterangan persnya mengucapkan syukur kepada Allah SWT bersempena akan dilaksanakannya acara Hari Lahir Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren Jawahirul Ma’ani.
” Selain Harlah kedua Pondok Pesantren itu, kita juga mengadakan Manaqib Syech Abdul Qodir Al Jailani di Aula Pondok Jawahirul Ma’ani Bukit Payung Kabupaten Kampar, arah Petapahan, dekatlah dengan Bangkinang, ” Sebut Ketua Umum Mitra Sunda Riau menjelaskan.
Ba’da Ashar HEM. Surachmat juga mengungkapkan, bahwa niat awal untuk menghadirkan Prof. KH. Said Aqil Siroj sudah terkonfirmasi untuk hadir, sebagaimana telah disampaikan oleh Ketua Panitia Ustadz Bondan Niji Aljarzani. Selain itu Gubernur Riau terpilih Abdul Wahid dan Wakil Gubernur terpilih SF Harianto juga sudah terkonfirmasi untuk hadir, termasuk Forkopimda undangannya juga sudah disampaikan.
” Iya itu Ustadz Bondan bilang Insyallah Prof. KH. Said Aqil Siroj sudah positif mengagendakan kedatangannya, juga KH. Salman Amrillah juga Insyallah datang, beliau ini Juara 1 MTQ Internasional di Iran pada 2019, dan Juara 3 MTQ di Malaysia pada 2016 dan juga pengurus Jamiyatul Qurra Wa Huffaz nya NU Provinsi Jabar, ” sebut Ketum MISURI.
” Acara ini insyaallah akan dilaksanakan pada Senin, 10 Februari 2025, Pukul 19.30 Wib (Ba’da Sholat Isya sampai dengan selesai), dan bukan cuma Tausiyah, acara Harlah kedua Pondok Pesantren ini juga diramaikan dengan penampilan sekitar 15 grup Hadroh dilingkup organisasi Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, ” ungkap HEM. Surachmat kembali menambahkan
Diakhir keterangan persnya HEM. Surachmat juga mengungkapkan, bahwa acara di Pondok Pesantren Jawahirul Ma’ani Bukit Payung Kabupaten Kampar ini juga didukung oleh Pagar Nusa, Banser, Anshor, Muslimat NU, Mitra Sunda Riau, Fatayat NU, Bintang Sembilan Al Amin, dan terbuka untuk umum, ” Silahkan datang, mari bersama kita awali Bulan Suci Ramadhan 1446 Hijriah ini dengan niat yang juga suci, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, ” tutup Ketum MISURI.
Jakarta – PT Dyandra Media International Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 26 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) melalui 4 bisnis unit (Exhibition Organizer Business, Supporting Event Business, Convention & Exhibition Hall Business, dan Hotel Business) optimis raih kinerja bisnis yang positif di tahun 2025.
Manajemen memproyeksikan bisnis event organizer akan terus tumbuh tahun depan dan DYAN melalui bisnis unit fokus pada penggaparan event berskala besar dan bertaraf nasional maupun internasional baik yang diselenggarakan oleh korporat, asosiasi, pemerintahan maupun IP event yang dimiliki.
Melalui bisnis unit di sektor tourism leisure seperti pengelolaan wahana di Taman Mini Indonesia Indah dan operator taman wisata yang mengelola 4 Kebun Raya yaitu Kebun Raya Bogor, Purwodadi, Cibodas, dan Bali juga terus melakukan inovasi dan mendorong peningkatan pengunjung melalui penyelenggaraan berbagai event seperti Bazaar, Sunset di Kebun dan lain-lain.
Untuk tahun 2025, beberapa annual event dan IP Event yang akan diselenggarakan oleh bisnis unit DYAN diantaranya adalah sebagai berikut :
1. The 3rd OBIC Workshop pada 20-22 Januari 2025.
2. Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta pada 13-23 Februari 2025.
3. Indonesia International Furniture Expo (IFEX) pada 6-9 Maret 2025.
4. International Franchise, License, and Business Concept Expo & Conference (IFRA) pada 25-27 April 2025
5. PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) pada 29 April-4 Mei 2025
6. Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention & Exhibition pada 20-22 Mei 2025
7. Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya pada 28 Mei – 1 Juni 2025
8. Projek-D Music Festival pada 30-31 Agustus 2025
9. ASEAN Energy Business Forum (AEBF) pada 25-26 September 2025
10. NCT 127 4th TOUR ‘NEO CITY : JAKARTA – THE MOMENTUM’ pada 15-16 Februari 2025.
11. 2025 NCT WISH ASIA TOUR ‘LOG in’ pada 31 Mei 2025.
Dan beberapa line up event lainnya.
Mirna Gozal selaku Corporate Secretary DYAN memaparkan bahwa pada kuartal III-2024 yang lalu, DYAN mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,12 Triliun atau meningkat 27% yoy dan laba bersih sebesar Rp97,34 Miliar atau meningkat 62% yoy jika dibandingkan periode yang sama tahun 2023. Melihat perkembangan yang ada sampai dengan bulan Desember ini, Perseroan optimis bisa mencatatkan pertumbuhan pendapatan sampai dengan 15% di akhir tahun 2024.
Tentang PT Dyandra Media International Tbk
PT Dyandra Media International Tbk resmi menjadi perusahaan publik pada tanggal 25 Maret 2013 dengan mencatatkan 1.282.000.000 lembar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada awal berdirinya tahun 2007, Dyandra dibentuk sebagai perusahaan induk (holding company) yang kini membawahi 27 anak perusahaan yang bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE).
PT Dyandra Promosindo merupakan perusahaan pertama di bawah payung PT Dyandra Media International Tbk. Hadir sejak 3 Maret 1994, perusahaan ini bergerak di bidang penyelenggaraan pameran di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhannya, PT Dyandra Promosindo memperluas usahanya dengan membuka kantor cabang di Surabaya dan Makassar.
Dok. Keseruan peserta mengikuti salah satu turnamen game di Lapakgaming Battle Arena 2024.
Membumi.com
Jakarta (30/11/24) – Lapakgaming, platform top-up game dan produk digital dalam ekosistem Bukalapak, kembali menghadirkan Lapakgaming Battle Arena pada 30 November – 1 Desember 2024 di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta. Acara ini merupakan ajang komunitas gaming yang mengumpulkan ribuan game enthusiasts di Indonesia untuk saling berjejaring sekaligus berkompetisi memenangkan hadiah total lebih dari 100 juta rupiah.
Beragam aktivitas menarik akan hadir selama dua hari acara ini, mulai dari turnamen gaming, kompetisi coswalk, aktivitas komunitas, hingga sesi talkshow inspiratif membahas lanskap serta tantangan dan peluang industri game Indonesia bersaing di pasar global. Tidak ketinggalan, penampilan spesial dari bintang tamu populer seperti JKT48, Windah Basudara, Kameaam, King Shah, dan Kobo Kanaeru yang siap menghibur para pengunjung.
Acara ini juga mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak seperti Kementerian Perdagangan, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Asosiasi Game Indonesia (AGI), Wall’s & Cornetto, CBN Fiber, DANA, AMD, ASROCK, dan FOX HOUND Group. Selain itu, berbagai produk dari platform gaming unggulan, seperti Lapakgaming dan Itemku, juga akan dipamerkan dalam ekshibisi yang menghadirkan teknologi dan inovasi terkini di dunia gaming.
Victor Putra Lesmana, CEO of Bukafinancial & Commerce menyampaikan, “Gaming adalah bagian penting dari industri kreatif Indonesia yang terus berkembang. Melalui Lapakgaming Battle Arena, kami ingin memberikan ruang bagi para gamers untuk tidak hanya berkompetisi, tetapi juga memperluas jaringan dan mengekspresikan minat mereka terhadap dunia digital.
Bukalapak berkomitmen mendukung pertumbuhan industri ini dengan menciptakan wadah inovatif yang memberdayakan komunitas serta mendorong perkembangan ekosistem gaming lokal sehingga mereka memiliki daya saing untuk semakin membesarkan kapabilitasnya.”
Shafiq Husein, Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI), turut menekankan pentingnya kolaborasi dalam memperkuat industri gaming nasional. “Acara seperti Lapakgaming Battle Arena bukan hanya sebuah perayaan bagi komunitas gaming, tetapi juga menjadi katalisator penting dalam mendorong inovasi dan kolaborasi di industri game Indonesia.
Kami di AGI percaya bahwa melalui sinergi antara platform, publisher, dan talenta lokal, Indonesia dapat menjadi kekuatan besar dalam industri gaming global. Kami mengajak semua pihak untuk terus mendukung pertumbuhan ekosistem ini, karena masa depan industri kreatif Indonesia ada di tangan kita bersama,” ujar Shafiq.
Sementara itu, Hendi, AVP Gaming Growth & International Business Bukalapak, optimis bahwa ajang ini akan membuka peluang lebih luas bagi para developer untuk menghadirkan produk yang mampu bersaing di kancah global. “Kami percaya kolaborasi yang kami jalankan bersama publisher dan asosiasi akan mendorong inovasi di aspek gameplay, desain, dan pengalaman pengguna untuk meningkatkan daya saing.
Lapakgaming Battle Arena menjadi kesempatan emas bagi developer untuk memperkenalkan karya mereka sekaligus membangun jejaring guna memperkuat ekosistem gaming di tingkat lokal maupun nasional,” ujar Hendi.
Lapakgaming adalah bagian dari Bukalapak yang berfokus pada layanan top-up game dan hiburan digital. Sejak diluncurkan pada 2020, Lapakgaming telah menjadi pilihan utama gamers berkat harga yang kompetitif, metode pembayaran yang lengkap, serta jaminan keamanan dengan garansi uang kembali hingga 10 kali lipat. Lapakgaming mendukung berbagai game populer seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Genshin Impact, Valorant, dan masih banyak lagi.