Connect with us

Entertainment

Soal Banjir, Cuaca Ekstrem dan Wacana Pensiun Dini 118 PLTU di Indonesia, Ini Kata Dr. Yani

” Saya menyarankan agar 118 PLTU tersebut baiknya dilakukan retrovit atau penambahan teknologi pada PLTU yang sudah ada, ” ungkap Dr. Yani.

Published

on

Eno Ridarto dan Dr. Yani

Membumi.com

Pekanbaru – Dalam bincang “sersan” membahas berbagai isu lingkungan bersama Dr. Muhammad Yani Bas yang merupakan 1 dari 5 orang penggerak World Enviromental Partnership (WEP) dibawah payung United Nation Enviromental Program (UN EP) sabtu (24/12/22) diCoffe Shop disalah satu hotel dijalan Sudirman mengatakan,

” Banjir seperti itukan penyebabnya bad weather, yang naik menjadi cuaca ekstrem kemudian menimbulkan El Nino, persoalan tersebut bertambah parah ketika emisi karbon yang dilepas ke udara terlalu banyak, sehingga berubah menjadi La Nino. Jadi, tanpa disadari, Itu semua tidak terlepas dari ulah manusia itu sendiri, ” ungkap Dr. Yani sepulang dari lawatannya dari Kabupaten Batang Hari.

Kamipun bertiga terkekeh ketawa membaca sejumlah pemberitaan media online dengan sudut pandang yang sibuk menyalah nyalahkan kepala daerah dengan berbagai macam dalih, padahal tanpa disadari yang menyalahkan juga salah satu manusia penyumbang persoalan tersebut.

Baca : Perubahan Iklim Memicu Banjir Bandang di Jerman ?

Dalam keterangan Persnya Cik Yani (sapaan akrabnya) yang didampingi oleh Eno Ridarto Ketua Regional Sumatera Komnas PKLH juga mengungkapkan, bahwa yang menghadapi persoalan cuaca ekstrem akibat perubahan iklim bukan hanya Kota Pekanbaru, akan tetapi persoalan tersebut sudah menjadi Global Issue saat ini.

” Bangkok, New Delhi, Jerman dan sejumlah kota besar lainnnya di dunia malah lebih parah dari Kota Pekanbaru, bahkan cuaca ekstrem akibat perubahan iklim disana bukan hanya merusak pemukiman warga, malah sudah menimbulkan banyak korban jiwa, ” ungkap Eno.

Lebih lanjut Dr. Yani juga menyinggung program konversi energi batu bara ke bahan jemputan padat bernama Co Firing untuk PLTU terbukti tidak berhasil menekan emisi karbon, sebagaimana dampak lingkungan yang terjadi, berimbas pada kesehatan masyarakat sekitar PLTU Indramayu.

Baca : Co-Firing Biomassa disebut Memperburuk Lingkungan Sekitar PLTU

Pembahasan pun kemudian mengalir ke program Co Firing berbahan baku sampah yang saat ini sedang dalam tahap penelitian, dalam penjelasannya Dr. Yani mengungkapkan bahwa sampah tersebut terdiri atas berbagai macam komposisi seperti kain, plastik, karet, kertas, tulang ikan dan lain sebagainya.

” Perlu diingat, sampah itu sifatnya basah, ketika menggunakan Mechanical Bio Treatment (MBT) dalam mengeringkan yang hasilnya kemudian dibakar, maka emisi – emisi yang keluar atas komposisi tersebut dapat berdampak serius untuk kesehatan, karena ada karet, pampers dan sejenisnya yang juga mengeluarkan kontaminasi logam berat, ” ungkap Dr. Yani.

” Saya menyarankan agar 118 PLTU tersebut baiknya dilakukan retrovit atau penambahan teknologi pada PLTU yang sudah ada, ” ungkap Dr. Yani.

Menyinggung wacana Pemerintah mempensiunkan 118 Pembangkit Listrik Batu Bara lebih awal, Puak Melayu yang berlatar belakang PhD bidang Applied Material Sciences jebolan UPENN USA ini menyarankan pengambil kebijakan di Indonesia juga mempertimbangkan dampak ekonomi serta masalah sosial tenaga kerja yang bakal terjadi. 

Baca : Analisis : Indonesia Butuh $37 Miliar Tuk Pensiunkan PLTU Batubara

” Saya menyarankan agar 118 PLTU tersebut baiknya dilakukan retrovit atau penambahan teknologi pada PLTU yang sudah ada, dengan lebih menekankan lagi kepada rekayasa material baru, sehingga value added PLTU dapat beroperasi dengan emisi karbon yang rendah dan menghasilkan listrik yang lebih murah, ” ungkap Dr. Yani.

Sebagaimana biaya transisi energi yang konon katanya diperkirakan mencapai $37 Milyar atau sekitar Rp. 576,6 T tersebut, Dr. Yani mengungkapkan bahwa PLTU Tenayan dapat menjadi pilot project transisi dari energi kotor ke energi yang lebih bersih yang diawali dengan kajian teknologi yang tepat guna.

Diakhir diskusi kecil padat makna bersama Dr. Yani selaku pemegang Intellectual Property (IP) Technology yang telah berhasil mengatasi sejumlah isu lingkungan dibeberapa kota besar dunia tersebut, kemudian mengalir ke dasar terbentuknya secular economy, yang ternyata sudah lama menjadi prinsip dalam falsafah kebudayaan Melayu itu sendiri.

Baca : Sri Mulyani Sebut RI Bisa Hentikan PLTU Hingga 2040, Ini Syaratnya

” Yaitu yang biasa disebut ‘ Tuah Sakti Payung Negeri, Patah Tumbuh Hilang Berganti, ‘ jadi prinsip itu jangan hanya digunakan untuk memupuk rasa nasionalisme, tapi juga digunakan untuk membangun ekonomi yang selama ini linear menjadi secular economy sehingga mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat, ” tutup Dr. Yani.

Business

NRF 2024 : Tiket Gratis Cameron Industri Ritel Terbesar di Asia Sudah Disiapkan

” Fast Track Your Success, ” NRF APAC 11-13 Juni 2024 – Marina Bay Sands Singapore

Published

on

By

Images : Marina Bay Sand Singapore Landscape / Pixabay

Membumi.com

Singapura (1/3/24) – NRF 2024 : Retail’s Big Show Asia Pacific kini membuka tahap registrasi Retailer Expo Passes secara daring.

Berlangsung pada 11-13 Juni mendatang di Marina Bay Sands Singapore, NRF APAC 2024, diadakan oleh National Retail Federation dan Comexposium Asia Pacific, akan menjadi pameran dagang industri ritel yang terbesar di Asia.

Di ajang ini, peritel dapat memperoleh berbagai ide baru, pemikiran inovatif, dan kemitraan penting untuk menyongsong tren industri.

Dengan tema ” Fast Track Your Success, ” NRF APAC 2024 memamerkan solusi ritel terkini dan menyediakan tiket konferensi yang menampilkan pembicara terkemuka dari kalangan perusahaan global, seperti Coca-Cola, Fast Retailing (Uniqlo), Wesfarmers, Lotte, Hermes, Amazon, Mastercard, dan lain-lain.

Dengan Retailer Expo Pass yang tersedia secara gratis, Anda dapat mengeksplorasi berbagai teknologi ritel dan menikmati pengalaman imersif di pameran dagang ini, termasuk :

300 eksibitor 
” NRF APAC 2024 Opening Party “
” NRF APAC Innovation Lab “ : Pameran menarik seputar teknologi ritel yang paling visioner, termasuk kecerdasan buatan (AI), robotik, dan Web3
” Startup Zone “ : Menampilkan berbagai perusahaan terkini dengan inovasi yang penuh terobosan dan pemikiran radikal
” Exhibitor Big Ideas “ : Menggelar 24 diskusi panel yang diikuti penyedia solusi yang paling terkemuka di industri dan klien-kliennya guna mengulas cara mengatasi kendala yang dihadapi peritel.

Baca : Get Your Conference & Expo Pass Today

Dengan membayar biaya tambahan, peritel dapat memperoleh akses di balik layar untuk menyaksikan gerai-gerai ritel mutakhir di Singapura, serta mengunjungi sejumlah perusahaan dengan solusi ritel inovatif dalam sesi ” Retail Store Tours and Expo Tours. “

” Sebagai pasar ritel terbesar di dunia, Asia Pasifik juga menjadi wilayah yang belum dijangkau dengan baik oleh industri ritel terlepas dari kehadiran teknologi dan layanan mutakhir,” ujar Ryf Quail, Managing Director, NRF APAC 2024.

” Setelah cakupan NRF New York kini merambah Asia Pasifik, peritel regional segera meningkatkan daya saing dengan inovasi terkini.”

” Didukung begitu banyak pembicara terkemuka dan berbagai jenis program edukasi, kalangan peritel di Asia Pasifik dapat membuat terobosan di masing-masing negaranya dengan mengeksplorasi peluang baru dan memperoleh wawasan dari ajang industri ritel yang paling penting ini, ” kata Alwyn Chong, Managing Director, LUXASIA Group, NRF APAC 2024 Advisory Board Member.

Stan pameran hampir terjual habis. Negara-negara yang berpartisipasi tersebar dari Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Anda dapat memperoleh tiket masuk (access pass) lewat portal registrasi daring.

Sebagai maskapai penerbangan resmi di ajang ini, Singapore Airlines menawarkan diskon 11% untuk tiket pesawat menuju Singapura. Para peserta dari luar negeri juga mendapatkan program ” Travel Special ” dengan potongan harga hingga 20% di lebih dari 20 hotel yang berpartisipasi ketika melakukan reservasi lewat Burnaby Solutions.

Source : Comexposium Asia Pacific

.

.

.

.

Continue Reading

Business

Tekstil Indonesia Catat Potensi Transaksi USD 20 juta di Pameran Texworld Paris 2024

Paviliun Indonesia dikunjungi lebih dari 500 pembeli internasional diantaranya Inggris, Spanyol, Jerman, Belgia, Kanada, India, Yunani, hingga Turki

Published

on

By

eiffel tower Images / wallpaper.com

Membumi.com

Paris – Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia Paris berkolaborasi mengikuti pameran produk tekstil, Texworld Paris pada 5—7 Februari 2024 di Porte Des Versailles, Paris, Prancis. Partisipasi Indonesia pada Texworld Paris Februari 2024 mencatatkan potensi transaksi sementara untuk produk tekstil sebesar USD 20 juta atau setara dengan Rp312 miliar untuk satu tahun ke depan.

Atase Perdagangan Paris Ruth Joanna Samaria menyampaikan, Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang tampil pada Texworld Paris 2024. Hal ini pun menjadi peluang Indonesia untuk menampilkan produk pada pembeli yang hadir di pameran tersebut.

“Kami melihat partisipasi Indonesia sebagai salah satu produsen utama garmen dunia sangat penting pada Texworld Paris, khususnya ketika negara pesaing utama dari ASEAN tidak tampil dalam pameran ini. Untuk itu, Indonesia harus mampu mengambil kesempatan ini dan menampilkan produk-produk unggulan kepada para pembeli,” kata Ruth.

Ruth menambahkan, partisipasi Indonesia pada pameran Texworld kali ini menjadi bukti nyata dukungan pemerintah untuk mempromosikan produk tekstil Indonesia di tingkat internasional. Pada pameran tersebut, Indonesia menghadirkan lima perusahaan yaitu Hakatex, Gistex Indonesia, Duta Permata, Daliatex dan Dan Liris.

Baca : Produk Tekstil Indonesia Punya Peluang Besar di Pasar Ekspor

Ruth mengungkapkan Texworld Paris pada Februari 2024 telah diikuti oleh 1.260 peserta dari 28 negara. Selain itu, Pavilun Indonesia menarik banyak pengunjung dan pembeli dari seluruh dunia. “ Paviliun Indonesia telah dikunjungi lebih dari 500 pembeli tekstil internasional yang berasal dari Inggris, Spanyol, Jerman, Belgia, Kanada, India, Yunani, hingga Turki,” ungkap Ruth.

Selain menampilkan produk garmen, salah satu peserta dari Indonesia juga berhasil menampilkan produk dengan inovasi terbaru yang ramah lingkungan seperti produk dengan sertifikasi Better Cotton Initiative (BCI), ISO 9002, dan ISO 14001. Di sisi lain, penyelenggara Texworld Paris menyebutkan bahwa 60—90 persen pembeli tekstil dan pakaian yang hadir di pameran tersebut banyak meminta kain, serat, atau benang yang ramah lingkungan.

Texworld Paris merupakan pameran dagang khusus tekstil dan produk tekstil yang diadakan selama dua kali setahun. Mulai 2024, Texworld Paris diadakan setiap Februari dan Juli.

Pelaksanaan Texworld Paris sekaligus menandai kembalinya para pembeli dari kawasan Eropa ke Texworld, khususnya setelah pandemi Covid-19. Para pembeli yang hadir kebanyakan berasal dari merek-merek fesyen global terkemuka, diantaranya Ralph Lauren, Uniqlo, dan H&M.

Baca : Kemenperin: Produk Ramah Lingkungan Jadi Masa Depan Industri Tekstil

Negara lainnya yang berpartisipasi aktif dalam Texworld Paris ini adalah Turki, Tiongkok, Korea Selatan, India, Pakistan, dan Bangladesh. Berdasarkan data penyelenggara Texworld Paris Februari 2024 Februari, tiga negara dengan peserta pameran terbanyak adalah Tiongkok dengan 500 perusahaan, Turki dengan 100 perusahaan, dan India dengan 50 peserta di bawah koordinasi organisasi promosi tekstil India (Texprocil).

Berdasarkan data Trade Map, impor tekstil Prancis dari Indonesia pada Januari—November 2023 mencapai USD 194 juta. Sedangkan negara pengekspor tekstil ke Prancis lainnya ialah Vietnam, Bangladesh, Pakistan, dan India.

“ Dengan suksesnya Indonesia pada Texworld 2024, KBRI Paris ingin mengajak Kementerian terkait lainnya untuk bersama membawa lebih banyak lagi perusahaan tekstil Indonesia tampil di Texworld 2025 mendatang,’’ pungkas Ruth.

Source : pressrelease.kontan.co.id

.

.

.

Continue Reading

Entertainment

Pre-Booking Sekarang ! Mandalika Tiket MotoGP dan ARRC 2024

Tersedia VIP Class (Premier, Deluxe), Premium Grandstand, Regular Grandstand, dan Festival/ General Admission

Published

on

By

Membumi.com

Jakarta – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menjual tiket MotoGP seri Indonesian GP dan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024, guna memenuhi permintaan penikmat balap motor. Penjualan dengan sistem pre-booking dibuka mulai hari ini (24/2) hingga awal Maret 2024.

Sebagaimana diketahui, Pertamina Mandalika International Circuit akan kembali menjadi tuan rumah ajang balap internasional MotoGP (IndonesianGP) pada 27–29 September 2024,  yang merupakan seri ke-16 dari 21 seri yang dijadwalkan musim ini. Selain itu, untuk ajang balap ARRC, Pertamina Mandalika International Circuit akan menjadi lokasi perhelatan round ke-4 dari 6 round yang dijadwalkan berlangsung pada 26 – 28 Juli 2024.

Pgs. SVP Corporate Secretary InJourney Yudhistira Setiawan menyampaikan, “ Penyelenggaraan event MotoGP dan ARRC di Pertamina Mandalika International Circuit bukan hanya sekadar event olahraga, tetapi juga menjadi katalisator penting dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dengan menarik perhatian internasional, MotoGP telah membuka pintu bagi investasi baru dan meningkatkan kesempatan kerja bagi masyarakat lokal. ”

Direktur Human Capital and Legal Compliance ITDC Wenda Ramadya Nabiel mengatakan, “ Kami berharap, MotoGP dan ARRC 2024 dapat melampaui kesuksesan dari tahun sebelumnya, dengan menarik lebih banyak pengunjung dan memperkuat citra The Mandalika sebagai destinasi sport tourism. Kami optimis bahwa MotoGP dan ARRC 2024 akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi NTB, Indonesia, dan seluruh stakeholder yang terlibat. ”

Baca : Pecahkan Rekor Tahun Lalu, Penonton MotoGP Mandalika Membludak, Aman dan Sukses

Direktur Utama MGPA Priandi Satria menyatakan, “ Kami melihat animo masyarakat untuk menyaksikan balapan MotoGP dan ARRC secara langsung semakin meningkat dari setiap penyelenggaraan. Untuk itu, kami terus berupaya memperbaiki kualitas penyelenggaraan sekaligus menawarkan kemudahan-kemudahan bagi calon penonton. Salah satu upaya kami dalam memberikan kemudahan bagi penonton adalah melalui pembelian tiket pre-booking ini. ”

“ Pembelian tiket pre-booking, penonton dapat menikmati keuntungan seperti kemudahan mengatur jadwal serta mempersiapkan kebutuhan transportasi dan akomodasi selama menonton balapan,” ujar Priandhi.

Tersedia berbagai pilihan tiket IndonesianGP 2024 yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi para penonton. Ada 4 kategori tiket yang tersedia, yakni VIP Class (Premier, Deluxe), Premium Grandstand (Zone A, B, J, K), Regular Grandstand (Zone C, D, E, F, G, H, I), dan Festival/ General Admission.

Tiket Festival (Sabtu – Minggu) dengan harga Rp 700.000, Regular Grandstand Zone E, F, G (Sabtu – Minggu) Rp 800.000, Regular Grandstand Zone C, D, H, I (Sabtu – Minggu) Rp 1.000.000, Premium Grandstand Zone J, K (Sabtu – Minggu) Rp 2.000.000, Premium Grandstand Zone B (Sabtu – Minggu) Rp 2.300.000, Premium Grandstand Zone B (Sabtu – Minggu) Rp 2.500.000,  VIP Deluxe Class (Jumat – Minggu) Rp 15.000.000, dan VIP Premiere Class (Jumat – Minggu) Rp 20.000.000.

Tidak hanya menghadirkan aksi para riders terbaik di dunia, pengunjung juga dapat menikmati berbagai side event selama gelaran IndonesianGP 2024. Venue side event yang berada di area inner-circuit diharapkan memudahkan pengunjung yang datang, karena lokasinya yang terintegrasi dengan sirkuit.

Sementara untuk ARRC, tersedia dua kategori tiket yang dapat dibeli yakni VIP Class (Premier) dan Premium Grandstand (Zone A, B,). Tiket Premium Grandstand Zone A, B (Sabtu – Minggu) dengan harga Rp 50.000 dan VIP Premiere Class (Sabtu – Minggu) Rp 500.000.

Pembelian tiket pre-booking MotoGP seri IndonesianGP dan ARRC 2024 bisa dilakukan dengan mengakses link berikut:

https://bit.ly/ReservasiTicketMotoGP2024 dan https://bit.ly/ReservasiTicketARRC2024

Informasi lebih lanjut mengenai kunjungi situs www.themandalikagp.com serta akun Instagram @themandalikagp.

Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menambahkan, ” Pemprov. NTB memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan MotoGP dan ARRC 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit. Kami percaya bahwa event ini tidak hanya akan menjadi prestasi besar dalam industri pariwisata dan olahraga otomotif Indonesia, tetapi juga akan memberikan pengalaman positif bagi para tamu serta mempromosikan destinasi pariwisata NTB secara berkelanjutan. NTB siap menyambut MotoGP dan ARRC 2024, dan kami berharap acara ini sukses serta memberikan manfaat jangka panjang bagi NTB dan Indonesia.”.

“ Kami optimistis penyelenggaraan balapan tahun ini akan lebih meriah dan menarik dibanding penyelenggaraan sebelumnya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera membeli tiket dan jadi bagian dari kemeriahan event balap motor bergengsi di tanah air ini,” tutup Priandhi.

Baca : Pj Gubernur NTB Hadiri Launching Ticket MotoGP dan ARRC 2024

Tentang ITDC

PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan bagian dari PT. Aviasi pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

ITDC yang memiliki lini bisnis sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 50 tahun telah mengembangkan dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 hektar yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata sebagai sumber utama devisa negara dengan menarik kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan luas 1.175 hektar.

The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari lima destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai tahun 2021.

Selain itu, ITDC kembali mendapat penugasan yang ketiga oleh Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021, untuk pembangunan dan pengembangan kawasan The Golo Mori sebagai destinasi pariwisata dan Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE) di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tentang MGPA   

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “ motor sport & tourism ” dan mengoperasikan Pertamina Mandalika International Circuit. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket.

MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

Source : pressrelease.kontan.co.id

.

.

.

Continue Reading

Trending